nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejak Dini, Nugie Ajarkan Anak untuk Cinta Lingkungan

Lidya Hidayati, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 14:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 22 33 1818536 sejak-dini-nugie-ajarkan-anak-untuk-cinta-lingkungan-5h9M5rdIvF.jpg Nugie (Foto: Lidya/Okezone)

MADURA - Sebagai pegiat lingkungan hidup, Nugie tentu saja membiasakan anak-anaknya untuk mencintai alam. Dan hal tersebut ditanamkan oleh Nugie kepada putra-putrinya sejak mereka masih usia dini.

Penyanyi solo berusia 46 tahun tersebut menceritakan sudah membiasakan anak-anaknya untuk cinta lingkungan dari hal-hal yang sederhana. Sebut saja dalam hal penggunaan kantong plastik, mobil, tisu atau air.

(Baca Juga: Gara-Gara Jualan Jam, Fitri Tropica Sempat Ingin Dipolisikan)

(Baca Juga: Diawali Lagu Tema Cinta, Anda Khalida Tatap Mimpi Album Perdana)

"Seperti ini, bawa sangu (air) sendiri, mengurangi penggunaan tisu, anak-anak (ngeluhnya) kok enggak naik mobil. Kalau naik mobil kita buang-buang, saya bilang buang-buang biaya. Tapi sebenarnya bukan itu," kata Nugie saat menghadiri acara Djarum Trees for Life: Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura, Rabu (22/11/2017).

"Terus kita bawa wadah minuman, wadah makanan yang kita semua dapat pakai berulang-ulang. Jadi tidak langsung semerta-merta mereka dalam tanda kutip adalah generasi praktis. Bawa tas belanja juga. Itu kegiatan sehari-hari yg saya tularkan pada anak-anak mumpung mereka masih kecil," sambung adik Katon Bagaskara tersebut.

Nugie menjelaskan jika dia melakukan hal-hal tersebut bukan hanya karena dia adalah pegiat lingkungan hidup, tapi juga karena mengulangi apa yang diajarkan oleh sang ayah padanya. Tapi tentu saja Nugie mengubah cara didik ayahnya kepada anak-anaknya agar sesuai dengan anak-anak zaman sekarang.

"Karena sebenarnya saya cuma mengulang apa yang dilakukan almarhum bapak saya ketika masih hidup. Kenapa enggak saya tularkan ke anak-anak saya sekarang? Memang modifikasi informasinya, bukan mendikte," terang Nugie.

Untungnya, buah hati Nugie cepat mengerti apa yang diharapkan oleh sang ayah. Kini dalam berbagai kesempatan, Nugie membantu anak-anaknya untuk mengaplikasi pesan apa yang mereka dapat dari bangku sekolah.

"Tapi akhirnya mereka mengerti karena di sekolah diajarkan, bahwa alam harus dijaga. Disebutkan salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan bersepeda, mengurangi polusi. Saya jalankan, otomatis. Jangankan kegiatan saya, bermain pun saya hubungkan dengan sepeda," jelas suami Shinta Dewi tersebut.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini