Image

Gatot Brajamusti Izin Sakit, Pengacara Tetap Anggap Kasus Kliennya Tak Layak Disidangkan

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 33 1813973 gatot-brajamusti-izin-sakit-pengacara-tetap-anggap-kasus-kliennya-tak-layak-disidangkan-geNhzfQr2U.jpg Gatot Brajamusti (foto: Rima W/Okezone)

JAKARTA - Deretan kasus yang menyeret nama Gatot Brajamusti memang sudah naik ke persidangan. Namun hingga saat ini, Achmad Rifai selaku kuasa hukum mantan Ketua Umum PARFI tetap menyayangkan penetapan status tersangka pada kliennya.

"Ya kita kan sebenarnya keberatan. Tapi kan semua tergantung Majelis Hakim. Kita tidak mungkin bisa memaksakan bahwa buat kami perkara ini tidak layak dilanjutkan," ungkap Rifai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

(Baca Juga: Gatot Brajamusti Sakit, Nadine Chandrawinata Batal Bersaksi di Kasus Satwa Langka)

Dalam lanjutannya, Rifai menilai langkah penyidik dalam menetapkan status tersangka terhadap Gatot Brajamusti tidak sesuai prosedur.

"Bagaimanapun penggeledahan hari itu juga, penyidikan hari itu juga, dan penetapan tersangka hari itu juga tidak mungkin. Itu tidak sesuai KUHAP. Harus dibatalkan," tegasnya.

(Baca Juga: Minta Izin Tak Hadiri Sidang, Gatot Brajamusti Sakit Apa?)

Kendati demikian, Rifai di akhir pernyataan menyatakan akan tetap berupaya membuktikan kliennya tidak bersalah lewat persidangan.

"Kami juga punya bukti-bukti bagus untuk dihadirkan. Sebenarnya kasus ini nyata apa enggak sih? Nanti jangan-jangan laporannya tidak benar, keterangan saksi tidak sesuai. Makanya ini harus kita buktikan," pungkas Achmad Rifai.

(Baca Juga: Gatot Brajamusti Sakit, Hakim Tunda Sidang Lanjutan Kasus Satwa Langka dan Senjata Api)

Sidang Gatot Brajamusti sendiri akan kembali digelar pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum. Agenda sidang yang sejatinya dilangsungkan hari ini batal lantaran pendiri Padepokan Brajamusti mengalami masalah kesehatan.

(Baca Juga: JPU Panggil Saksi Tambahan untuk Jerat Gatot Brajamusti dalam Kasus Satwa Langka dan Senpi Ilegal)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini