Meditasi Jadi Rahasia Dipha Barus Hadapi Demam Panggung

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 02:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 26 33 1802493 meditasi-jadi-rahasia-dipha-barus-hadapi-demam-panggung-Oo55Je4O95.jpg Dipha Barus (Foto: Okezone)

JAKARTA - DJ Dipha Barus rupanya kerap gugup saat tampil di atas panggung, meskipun selalu ada di belakang turntable. Untuk menghadapinya, ia memilih menenangkan diri secara keseluruhan.

Cara yang dipilih Dipha adalah meditasi. Ketika ditemui di komplek MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 24 Oktober 2017, ia mengaku punya jadwal tegas untuk kegiatan tersebut.

"Kalau gugup, gue selalu meditasi. Gue really into meditasi dan (mengatur) pernapasan. Gue tiap hari meditasi sehari dua kali, tiap sunrise sama sunset," ungkap Dipha.

(Baca Juga: Ikut Street Audition Indonesian Idol 2017 Bersama Grab Indonesia di 9 Kota, Dekatkan Diri Raih Impian)

(Baca Juga: Ada Street Audition dari Grab Indonesia, Olla Rosa: Akan ada Bintang Baru di Indonesian Idol 2017)


Meditasi jadi sebagian dari pola hidup sehat yang Dipha jalankan. Lebih lanjutnya, ia mengaku menerapkan hitungan kalori dan memastikan punya waktu istirahat cukup. Hal itu dibantu dengan olahraga seperti beladiri Wing Chun dan Freeletics.

Hasil dari upaya itu, pencipta lagu All Good ini lebih fleksibel ihwal penampilan di panggung. Ia mengaku hampir tidak pernah menjalani gladi/rehearsal sebelum tampil. Pasalnya, ia bisa suatu waktu mengubah lagu dalam setlist-nya jika energi penonton tidak sesuai yang diharapkan. Justru, yang jadi poin utama dalam penampilan panggung Dipha adalah sisi visual seperti pakaian, balon, dan confetti, bukan hanya musik itu sendiri.

(Baca Juga: Yuk, Siap-Siap...Street Audition Indonesian Idol 2017 Digelar Hari Ini, Cek Lokasinya!)

(Baca Juga: Seru! Wujudkan Impian jadi Penyanyi Idola, Indonesian Idol & Grab Indonesia Ajak Peserta Abadikan Momen Audisi)


Tetapi, rasa gugup Dipha selalu sama. Jumlah penonton bukan masalah utamanya, karena ia tetap jadi pusat perhatian. Meditasi itu pun diperlukan agar energi yang ingin ia bawakan di panggung tidak dirundung rasa gugup.

"Gue mengemasnya ya sebaik versi gue, tapi diterima orang banyak, itu universe yang menentukan. Bagi gue ngadepin penonton 5 orang sama 50 ribu orang itu sama gugupnya. Jadi gimana kita connecting with their energy saja. Energi gue enggak boleh kekontrol mereka, tapi gimana gue bisa ngontrol energi mereka," jelasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini