Bantah Dakwaan JPU, Gatot Brajamusti Tegaskan Satwa Langka di Rumahnya Milik Ustadz Guntur Bumi

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 17 33 1797251 bantah-dakwaan-jpu-gatot-brajamusti-tegaskan-satwa-langka-di-rumahnya-milik-ustadz-guntur-bumi-NQrLagDmv6.jpg Gatot Brajamusti (foto: Vania Ika Aldida/Okezone)

JAKARTA - Mantan Ketua PARFI, Gatot Brajamusti, sore hari tadi baru saja menjalani sidang eksepsi atas beberapa kasus yang menimpa dirinya. Salah satunya adalah kasus dugaan kepemilikan satwa langka, yang ditemukan di rumahnya pada November 2016 lalu.

Usai sidang berlangsung, pengacara Gatot, Ahmad Rifai, menyatakan bahwa satwa langka berupa harimau sumatera yang diawetkan tersebut merupakan milih Ustadz Guntur Bumi (UGB). Bahkan pihak Gatot membatah dengan tegas bahwa satwa liar tersebut adalah miliknya, meski diketahui ditemukan disalah satu bagian kediamannya di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Bantah Nikah, Risty Tagor "Buru" Penyebar Gosip)

"Sudah sangat jelas bahwa pemiliknya diduga adalah UGB," ungkap Achmad Rifai selaku kuasa hukum Gatot Brajamusti, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2017).

"Sudah berkali-kali dalam eksepsi kami, dalam sidang terbuka, telah dijelaskan satwa liar harimau tersebut bukan mikiknya Aa Gatot Brajamusti," tegasnya.

(Baca Juga: Sempat Dirawat Akibat Diabetes, Begini Kondisi Terkini Rony Dozer)

Sementara itu, UGB diketahui sempat membatah bahwa dirinyalah yang menghadiahkan harimau sumatera untuk ulang tahun Gatot pada 2011 lalu. Akan tetapi, pihak Gatot menegaskan bahwa mereka memiliki bukti yang menjelaskan bahwa harimau sumatera yang diawetkan tersebut merupakan milik UGB.

"Biar seseorang mengaku atau tidak tapi nanti dalam proses pemeriksaan saksi apakah mereka masih konsisten dengan ucapannya atau tidak. Kami memiliki bukti bahwa ini milik anda (UGB), ini bukan miliknya Aa," tuturnya.

(Baca Juga: Mulai Tak Ada Kesibukan, Wanda Hamidah Ingin Main Film Lagi)

"Kalau anda mengatakan tidak tahu, anda boleh mengatakan itu. Tapi bagaimana fakta hukum ketika itu. Ketika fakta hukum membuktikan kalau itu adalah milik dia (UGB), maka dia telah berbohong, memberikan keterangan palsu. Ada tindak pidananya," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pada sidang sebelumnya suami dari Dewi Aminah ini didakwa dengan Pasal 21 Ayat 2 huruf b jo Pasal 40 Ayat 2 Undang-Undang RI nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Akan tetapi pihaknya diketahui membantah hasil dakwaan JPU dan menyatakan dengan tegas bahwa hewan tersebut merupakan milik Ustadz Guntur Bumi.

Sementara itu, mengenai elang jawa yang ia pelihara, dirinya sempat mengaku bahwa burung tersebut datang sendiri ke kediamannya 6 tahun lalu. Saat elang tersebut datang, ia juga menyatakan bahwa binatang tersebut terluka dan kakinya terikat. Sehingga ia berusaha untuk mengobati binatang tersebut.

(Baca Juga: Belum Mau Pacaran, Bastian Steel: Jomblo Bikin Happy!)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini