nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Karya Dimonetize, d'Masiv Patenkan Hak Cipta

Sumarni, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 22:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 06 205 1790527 hindari-karya-dimonetize-d-masiv-patenkan-hak-cipta-DdHEIIL31Z.jpg Rian dMasiv (Foto: Okezone)

JAKARTA - Band D'Masiv tak khawatir mengenai hak cipta lagu mereka akan disalahgunakan oleh beberapa pihak tak bertanggung jawab. Grup lima orang anggota termasuk Rian (vokal), Kiki (gitar), Damar (gitar), Rayyi (bass) dan Wahyu (drum) ini rupanya sudah memiliki solusi yang cukup jitu.

(Baca Juga: FOTO: Cuma Nongkrong di Warkop, Cukup Bikin Keluarga Vino G Bastian Bahagia)


Permasalahan tersebut pun sudah diatasi oleh label musik D'Masiv, Musica Studio sejak lama. Sehingga setiap apa pun yang mengatasnamakan D'Masiv lewat platform digital, iklan ataupun uang yang masuk akan langsung masuk ke kantong mereka.

"Manajemen Musica itu udah punya hak cipta. Maksudnya yang upload itu udah enggak bisa. Apalagi yang monetize itu enggak bisa," jelas Rian kepada Okezone pasca-didaulat sebagai bintang tamu program musik Dahsyat, Kebon Jeruk.

"Jadi setiap ada yang namanya D'Masiv itu masuk ke Musica. Nah Musica ini udah ada caranya. Yang memang belum banyak yang tahu. Enggak semua label tahu," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini grup indie Payung Teduh sempat tersandung masalah hak cipta. Lagu hits mereka yang berjudul Akad dijadikan cover oleh sejumlah pihak.

Namun sayangnya, mereka justru menjadikan momen cover tersebut untuk mengundang iklan dan menghasilkan uang tanpa seizin Payung Teduh. Sehingga Is cs sempat meradang di lini media masa.

Untuk itulah, Rian meminta bagi siapa pun yang mengcover sebuah lagu tapi menghasilkan uang, wajib memberikan hak kepada sang pencipta lagu. Berapa pun yang hendak dikasih, yang penting sudah menunjukkan niat baik.

"Tapi paling enggak ketika kita mengcover lagu orang terus ternyata yang diupload di-monetize atau menghasilkan hasilnya ratusan juta jadi tetap harus ada hak yang dikasih. Kita harus menyisihkan hak orang lain di situ," tegas Rian.

(Baca Juga: American Idol Kembali Hadir! Yuks Intip Penampilan Perdana Juri Katy Perry hingga Lionel Richie)


Rian menyebutkan band yang digawanginya selalu memberikan rolayti ketika mengcover lagu milik orang lain sebagai bentuk apresiasi.

"Misal kita bikin Tribute to Chrisye, manggung off air, nah kita harus sadar ada hak pencipta lagu di sini. Misalnya setiap lagu kita bayar. Mungkin enggak banyak tapi paling enggak kita ada itikad baik untuk memberikan hak pencipta," tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini