nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Takjub, MNC Animations Bongkar Rahasia "Dapur" kepada SMK Muhammadiyah 1 Klaten

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Rabu 27 September 2017 17:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 27 598 1784138 bikin-takjub-mnc-animations-bongkar-rahasia-dapur-kepada-smk-muhammadiyah-1-klaten-dri33avAsk.jpg Suhendra Wijaya (Foto: Dudit/Okezone)

JAKARTA - Walaupun berspesialisasi di teknologi informasi, animasi tergolong hal baru bagi para siswa SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Tak ayal mereka pun dibuat takjub saat berkunjung ke dapur produksi MNC Animations, di komplek MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (27/9/2017).

Pasalnya, belum ada mata pelajaran mereka yang terkait animasi, padahal siswa berasal dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dua di antara sekira 50 siswa yang hadir, yang akrab disapa Okta dan Fajar, punya pandangan berbeda ketika melihat proses produksi selama tur keliling studio.

(Baca Juga: Keren! Situs HollywoodLife Antusias dengan Video Klip Baru Agnez Mo)

(Baca Juga: Vonis 6 Bulan Rehabilitasi, Iwa K Tak Kuasa Menahan Tangis)

”Cukup kagum sih, bisa tahu gimana itu animasi. Yang paling menarik yang edit-edit itu sih, gimana bisa gerak gitu,” ucap Fajar, mengacu pada proses animasi atau membuat gerakan untuk karakter-karakter kartun.

”Pertamanya sih aneh, karena enggak sesuai penjurusan. Tapi dapat pengetahuan soal gimana cara membuat animasi dan gimana mendalaminya gitu,” ucap Okta.

Film yang proses pembuatannya mereka buat itu adalah KIKO, film animasi untuk anak yang tayang di RCTI setiap Minggu pukul 09.00 WIB. Sebelum mendatangi para kreator, para siswa sempat dibekali pengetahuan dasar oleh Wigiyanto, selaku Computer Graphics (CG) Supervisor. Ia menjelaskan secara komprehensif mulai dari proses pembuatan cerita, karakter kartun, hingga efek-efek dalam film, serta bercerita pengalamannya soal lama waktu untuk membuat animasi sederhana. Siswa-siswa SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara, dengan seragam serba abu mereka, tampak antusias dengan melontarkan berbagai pertanyaan dan mencatat berbagai hal selama presentasi ataupun keliling dapur produksi.

”Kita tunjukin mulai dari awal sampai ke seluruh film. Semua teknisnya, terus sebenernya MNC Animations itu apa, terus gimana sih film itu, bisa sampai ke TV dan segalanya. Belajar gitu sih, biar mereka tahu kalau mau (kerja) ke animasi seperti apa,” ucap Wigiyanto.

(Baca Juga: Tak Hanya Raisa, Isyana Sarasvati Juga Masuk Nominasi MTV EMA 2017)

(Baca Juga: Dapat Potongan Harga saat Umrah, Syahrini Bantah Makan Uang Jamaah First Travel)

”Untuk modeling satu karakter, itu prosesnya bisa sampai seminggu. Makanya kita terus rapat dan bilang enggak sanggup kalau ada cerita nyeleneh yang nambah banyak karakter, misal tiga atau lima gitu. Tapi kalau karakternya sudah ada, kita bisa pakai itu (untuk berikutnya),” lanjut Wigiyanto.

Menurut Head of Business Development MNC Animations, Suhendra Wijaya, momen tersebut juga dianggap sebagai pembeda MNC Animations dengan studio animasi yang lain. keterbukaan MNC Animations untuk mengajari para siswa diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat Indonesia untuk ikut terjun dalam dunia animasi.

”Kalau keunggulan kita, lebih terbuka untuk umum dibanding studio lainnya. Karena kita sadar kita bikin animasi untuk masyarakat Indonesia. Tentunya kita juga lebih terbuka untuk proses pembuatannya seperti apa, jadi mereka tahu lah hal itu,” ucap Suhendra.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini