nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Menarik Steven Spielberg, Punya 7 Anak hingga Pernah Drop Out dari Kampusnya

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 13:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 21 206 1759816 10-fakta-menarik-steven-spielberg-punya-7-anak-hingga-pernah-drop-out-dari-kampusnya-Y6hzDrzhWx.jpg Steven Spielberg (Foto: The Sun)

JAKARTA - Banyak orang yang sukses tidak semuanya dilewati dengan jalan yang mulus, seperti yang dialami sutradara ternama Steven Spielberg. Apa saja yang sudah dialami di masa lalunya?

Sutradara dunia Steven Spielberg ternyata harus melewati hari-hari tidak mengenakan di masa kecilnya. Ia pernah merasakan bagaimana di-bully hingga pernah ditolak kuliah.

Beruntung, Spielberg bisa melewati itu semua dan kini kehidupan mapan atas karya-karyanya tengah dinikmatinya. Berikut ini 10 fakta menarik Spielberg yang jarang diketahui publik

1. Penderita disleksia dan di-bully

Spielberg menghadapi tantangan dengan disleksia dan berjuang bertahun-tahun dengan ketidakmampuan belajar yang tidak terdiagnosis. Dia di-bully selama masa sekolahnya karena ketidakmampuannya membaca. Dia juga menghadapi perlakuan yang buruk dari teman-teman sekelasnya dan pihak sekolah salah mengartikannya sebagai anak yang malas.

2. Ditolak dan drop out dari kampus

Spielberg tiga kali ditolak masuk ke jurusan penyutradaraan USC karena nilai rata-ratanya adalah C. Dia akhirnya masuk ke program film di California State University. Namun kemudian keluar pada tahun 1968 untuk membuat film berdurasi 22 menit berjudul Amblin. Kendati demikian, dia berhasil menyelesaikan gelar melalui program proyek mandiri. Pada tahun 2002, ia dianugerahi gelar B.A. dalam produksi film oleh California State University.

3. Tidak dibayar untuk membuat Schindler's List

Film tentang Holocaust ini adalah film hitam putih paling mahal yang pernah dibuat. Tapi Spielberg tidak menerima bayaran apa pun untuk karyanya ini dengan alasan bahwa menerima bayaran untuk membuat film ini adalah tidak pantas. Dia diberi izin untuk syuting film tersebut di dalam kamp konsentrasi Auschwitz, namun dia memutuskan untuk tidak melakukannya karena menghormati para korban.

4. Ditolak dua kali untuk membuat waralaba James Bond

Produser James Bond menolak tawaran Spielberg untuk mengarahkan salah satu filmnya. Hal tersebut terjadi di awal kariernya, dan dia mengaku penolakan tersebut tidak menghentikannya untuk menikmati film Bond favoritnya sepanjang masa.

5. Film pertamanya hanya untung USD1

Ketika berusia 16 tahun, dia membuat film fiksi ilmiah dengan anggaran USD500. Para pemerannya adalah teman sekolahnya, dan dia menggunakan garasinya untuk lokasi syuting. Film ini diluncurkan ke penonton sebanyak 500 orang di Phoenix Little Theatre di Arizona. Biaya masuknya USD1 per orang, tapi satu tamu harus membayar dua kali lipat karena Spielberg hanya mendapatkan keuntungan USD1.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini