nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Kemerdekaan, Nadine Chandrawinata Giat Perjuangkan Hak Lumba-lumba

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 14 33 1755301 rayakan-kemerdekaan-nadine-chandrawinata-giat-perjuangkan-hak-lumba-lumba-g2zL8BzL6r.jpg Nadine Chandrawinata (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, tentunya banyak masyarakat yang sangat antusias menyambutnya. Bahkan di ulang tahun Indonesia yang ke 72 tahun ini, banyak harapan-harapan dari masyarakat untuk negara Indonesia tercinta.

Berbeda halnya dengan masyarakat yang selalu fokus kepada kemacetan, tata kota, hingga persoalan pelik di Indonesia seperti korupsi. Aktris sekaligus Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata justru memilih untuk mengomentari hal lain.

(Baca Juga: Dua Kali Lewatkan Diving, Nadine Chandrawinata Akan Kembali ke Selandia Baru)

(Baca Juga: Kisah Pengalaman Nadine Chandrawinata Salam 'Tempel Hidung' Bersama Suku Maori)

Di tahun ini, kakak dari Marcel dan Mischa Chandrawinata memilih untuk membicarakan soal lumba-lumba dan menuntut agar hak bintang mamalia tersebut bisa perjuangkan. Mengapa?

"Merdeka artinya kan bebas, jadi bagaimana kita berbicara dan mendapat kebebasan kita tanpa menyinggung siapapun. Untuk 17 ini aku akan speak out tentang dolphins, tentang sirkus lumba-lumba keliling," ungkap Nadine Chandrawinata yang ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017).

"Kebetulan aku menunjuk YouTube sendiri dan dari Sea Soldier juga akan speak out. Enggak cuma hak manusia saja tapi hak makhluk hidup lain juga. perlu diperjuangkan," sambungnya.

Maraknya pertunjukkan lumba-lumba keliling menjadi asal muasal wanita 33 tahun ini ingin memperjuangkan hal tersebut. Ia ingin agar pemerintah bisa melegalkan pertunjukkan lumba-lumba keliling tersebut.

Tak hanya itu, ia pun juga turut mengedukasi masyarakat, agar bisa meningkatkan pariwisata daerah dengan bermain ke laut. Pasalnya di lokasi tertentu masyarakat bisa melihat langsung lumba-lumba berenang bebas di lautan lepas. 

"Enam bulan ke depan aku akan bicara itu. Aku juga sudah ngomong ke Dirjen Kelautan dan Perikanan, dan mereka akan bantu perizinan sirkus lumba-lumba keliling. Sebenarnya kita fokus pada perpindahan lumba-lumbannya, karena kelayakannya tidak ada, dan sekarang masih ada banyak," paparnya.

(Baca Juga: Lebarkan Sayap, Mischa Chandrawinata Kembangkan Resor Wisata di Raja Ampat)

(Baca Juga: Rayakan Hari Pendidikan, Nadine Chandrawinata Petik Ilmu dari Perjalanan Keliling Dunia)


"Kalau ingin lihat lumba-lumba lebih baik ke laut, selain meningkatkan pariwisata kita, itu juga bagus untuk edukasi anak-anak dan bisa jadi short trip mereka," tambahnya.

Perjuangan tentu akan berhasil jika memiliki komitmen keras. Hal tersebut bahkan sudah tertanam di benak Nadine agar ia bisa memperjuangkan nasib lumba-lumba.

"Aku selalu bilang, perjuangkan apa yang masih bisa diperjuangkan. Kemerdekan ini aku lihat perjuangan jaman dulu, mereka kan perjuangkan sesuatu dengan komitmen, komitmen  itu yang kita terapkan di diri masing-masing," tukasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini