Ingin Berhaji, Anwar: Harus Siap Mental dan Tunggu Panggilan Allah SWT

Revi C. Rantung, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 23:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 33 1741796 ingin-berhaji-anwar-harus-siap-mental-dan-tunggu-panggilan-allah-swt-y1bm9B7CCx.JPG Anwar. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Aktor dan presenter Anwar Sanjaya Pigano menyakini bahwa ibadah Haji merupakan panggilan dari Allah SWT. Ia pun berencana untuk berangkat ke Tanah Suci meski belum dalam waktu dekat. Menurutnya, persiapan mental akan lebih dulu dilakukannya.

Mantan jebolan Master Chef ini juga sedikit menuturkan bahwa ibadah haji bisa dilakukan bila seseorang sudah memiliki biaya yang cukup dan mempunyai sebuah kesempatan, atau bisa dibilang mereka yang sudah dipilih oleh Allah untuk berangkat. Beda lagi dengan orang yang sudah memiliki biaya, namun belum mempunyai waktu, berarti orang tersebut belum terpanggil oleh Allah.

“Sebagai umat Islam kan udah tercatat naik haji. Jadi, mau enggak mau, ketika sudah ada biaya, ketika kita sudah ada waktu, ketika ada kesempatan, istilahnya itu uda panggilan Allah. Jadi harus berangkat dan itu wajib. Beda, misalnya kalau yang sudah punya biaya tapi belum punya waktu, berarti itu belum panggilan Allah,” ujar Anwar saat dihubungi lewat sambungan telefon kepada Okezone, Jumat (21/7/2017).

“Kalau Anwar sih niatan ibadah haji udah. Harus siap semuanya mulai dari biaya, mulai dari mental, niatan hati sih pengin,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pemain sinetron Kecil Kecil Jadi Manten ini juga menjelaskan bahwa ada baiknya sebelum kita melakukan ibadah haji, kita diharuskan untuk umrah terlebih dahulu. Pasalnya, Anwar tahu betul jika ibadah haji hanya terjadi setahun sekali saat Idul Adha, itupun tak akan sedikit pula orang-orang yang akan terbang ke Makkah.

“Tapi sebelum haji, otomatis kita umrah dulu, kalau umrah itu kan haji kecil, jadi kaya belajar sebelum kita haji besar. Apalagi pas haji besar itu cuman setahun sekali pas Idul Adha, itu pastinya banyak banget dari seluruh dunia ke Makkah, jadi panggilan Allah,” imbuhnya.

Selain itu, harapan terdekat Anwar saat ini adalah bisa berangkat umrah bersama keluarga, bahkan keluarga besarnya sekali pun. Kendati demikian, presenter acara musik Dahsyat itu juga yakin ketika orang memang ingin berniat melakukan ibadah haji ataupun ibadah umrah itu semua telah direncanakan oleh Allah.

“Kalau untuk niatan sih paling umrah bareng keluarga ke Makkah, kalau bisa sama keluarga besar. Anwar sih percaya sesuatu ibadah itu, ketika lewat dari hati, ketika kita udah tekad bulat bahwa itu ibadah haji ataupun umrah, itu sudah jalan Allah dan panggilan Allah,” tutupnya.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini