nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rhoma Irama Imbau Jaksa Penuntut Umum Ralat Dakwaan Ridho

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 11 33 1733903 rhoma-irama-imbau-jaksa-penuntut-umum-ralat-dakwaan-ridho-lHPRiHeHzx.jpg Rhoma Irama datangi sidang Narkoba Ridho Rhoma (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Rhoma Irama mengimbau Jaksa Penuntut Umum untuk meralat berkas dakwaan yang dikenakan kepada putranya, Ridho. Pernyataan itu disampaikan Rhoma saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat usai sidang pembacaan eksepsi Ridho pada Selasa sore (11/7/2017).

"Jadi kita berharap kepada hakim tentunya juga kepada JPU agar mengacu kepada UU secara yang sebenarnya," ucap sang raja dangdut.

Seperti telah diberitakan, Jaksa Penuntut Umum mendakwa Ridho Rhoma bersalah atas kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 0,76 gram. Buntut dari dakwaan, Ridho yang dikenakan Pasal 112 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika terancam pidana penjara selama empat hingga dua belas tahun.

Terkait dakwaan tersebut, Ridho Rhoma dalam eksepsinya meminta adanya perubahan Pasal dari 112 ke 127. Mengenai langkah yang diambil putranya, Rhoma menilai Pasal yang digunakan sudah sesuai dengan hasil rekomendasi assessment terpadu dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dijelaskan pula oleh Rhoma Irama, pengguna narkoba dibawah 1 gram berstatus sebagai korban dan tidak dapat dipidana. Alasan inilah yang lantas membuat Rhoma mengeluarkan himbauan tersebut.

Sidang perkara narkotika yang melibatkan Ridho Rhoma sendiri akan berlanjut ke agenda pembacaan tanggapan Jaksa Penuntut Umum atas pengajuan eksepsi. Rencananya, sidang akan digelar pada 18 Juli 2017 di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini