nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembacaan Tuntutan Awal, Ridho Rhoma Diancam Penjara Minimal 4 Tahun

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 12:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 05 33 1729016 pembacaan-tuntutan-awal-ridho-rhoma-diancam-penjara-minimal-4-tahun-7f7YpYwXYp.jpg Ridho Rhoma (Foto: Instagram)

JAKARTA - Tuntutan yang sempat diperkirakan terhadap Ridho Rhoma dipastikan dalam pembacaan tuntutan pertama di Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang digelar Selasa 4 Juli 2017. Karenanya, Ridho dapat dipastikan dipenjara jika tuntutan tersebut dikabulkan.

Menurut pantauan tim Go Spot RCTI, Rabu (5/7/2017), Ridho didakwa pasal 127 Jo pasal 132, Jo 112, dan pasal 136 UU No. 35/2009 tentang penyalahgunaan narkotika. Karena kepemilikannya terhadap sabu seberat 0,76 kilogram, ia dituntut minimal 4 tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara.

 

Ini merupakan pertama kalinya Ridho duduk di kursi terdakwa setelah beberapa bulan ditangkap polisi. Tahap pembacaan tuntutan itu tidak dihadiri kedua orangtua Ridho, yaitu sang ayah Rhoma Irama maupun ibunya, Marwah Ali. Keputusan pengadilan menyatakan Ridho akan dikembalikan ke Rutan Salemba.

Kendati demikian, pihak keluarga dan kuasa hukum sangat yakin Ridho berstatus sebagai korban sehingga tak layak dipenjarakan sama sekali. Apalagi, Ridho sempat menjalani rehabilitasi sebelum dikembalikan ke rutan. Pihak kuasa hukum juga menyatakan eksepsi atas pernyataan tersebut.

"Dibantu lah, ditolong, direhab. Bukan dipidanakan. Kalau dipidanakan seharusnya bukan sembuh, tapi orang dipenjara itu bisa bertambah parah keluarnya," ucap Rhoma di kesempatan lain.

Namun, pendapat mereka masih berbeda dengan bibi Ridho, Shofa Ali, yang ketika itu datang. Meski masih sama-sama ingin taat hukum, Shofa bungkam dan justru memilih mengikuti prosesi hukum yang ada, termasuk tuntutan tersebut.

"Saya gak ada keluhan. Alhamdulillah, doain semuanya biar lancar. Ya ikutin aja," ucap Shofa.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini