Ikuti Tradisi Keluarga Jawa, Dea Ananda Senang Sungkem saat Lebaran

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Kamis 29 Juni 2017 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 27 33 1725017 ikuti-tradisi-keluarga-jawa-dea-ananda-senang-sungkem-saat-lebaran-csAmh5yAi8.jpg Dea Ananda. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Perayaan Hari Raya Idul Fitri yang dijalani sejumlah keluarga di Indonesia memiliki tradisi sungkem sebagai cara memohon maaf kepada orang tua atau anggota keluarga yang dituakan. Tradisi itu juga dijalani oleh Dea Ananda.

Mantan penyanyi cilik tersebut mengaku masih menjalaninya dan senang melakukannya lantaran menjadi tradisi keluarganya yang berdarah Jawa.

"Ada (sungkem) karena orang Jawa pasti sungkeman," ujar Dea saat dijumpai di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

Namun, di momen bermaaf-maafnya selama sungkem, ia mengaku tak ikut larut dalam kesedihan. Baginya, kesedihan tak perlu ditunjukkan di hari bahagia.

"Enggak sih aku enggak pernah sedih, waktu aku nikah aja sungkeman enggak nangis karena kesedihan itu enggak perku ditunjukkan dalam hati saja kalau nangis," pungkasnya.

Dea Ananda dan Ariel 'NIDJI' suaminya diketahui tidak menjalani mudik ke luar kota saat Lebaran tahun ini mengingat keluarga besar sudah berada di Jakarta.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini