nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Franchise Cerita Ini Punya Status Bergengsi

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Senin 26 Juni 2017 18:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 23 206 1723723 5-franchise-cerita-ini-punya-status-bergengsi-ZpcZO2UuPZ.jpg The Lion King (Foto: The Warwick)

LOS ANGELES - Kekuatan film-film legendaris Hollywood dapat dinyatakan dengan sebuah status bernama EGOT. Tak tanggung-tanggung, ternyata hanya ada lima cerita yang memiliki status ini.

EGOT merupakan singkatan dari Emmy, Grammy, Oscar, Tony, yang mewakili empat bidang berbeda, yaitu (secara berurutan) acara televisi, musik, film sinematik, dan teater. Lima film ini terbukti berhasil menembus batas bidang dan berhasil meraih penghargaan bergengsi di keempat bidang tersebut. Apa saja ya filmnya? Berikut penjabarannya.

1. The Lion King

The Lion King meraih EGOT hanya dalam empat tahun, membuatnya cerita pertama dan tercepat untuk meraih status ini. Penghargaan pertama yang diraih film ini adalah Oscar melalui Best Original Score dan Best Original Song pada 1995, sedangkan penghargaan terakhir adalah enam penghargaan Tony sekaligus.

2. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street

Berawal dari serial Sweeney Todd, aksi teater ini pertama kali mendapatkan penghargaan Tony pada 1979. Penampilan Broadway yang awalnya digelar tahun yang sama dengan tahun pencapaian Tony-nya ini diangkat menjadi berbagai versi, termasuk film. Sesuai dengan linimasa karyanya, penghargaan terakhir pemberi status EGOT adalah Oscar 2008 dengan kategori Best Art Direction.

3. The Wizard of Oz

Bagi pecinta cerita-cerita asal Amerika Serikat, tentunya tidak asing lagi dengan cerita tertua di antara pemenang EGOT ini. Berasal dari Oscar di tahun 1940, cerita yang diangkat dari versi aslinya sebagai novel anak-anak rilisan tahun 1900 ini mendapatkan EGOT pada 2008 dengan penghargaan Emmy untuk kategori Outstanding Make-up for a Series or a Movie, yang diraih tokoh Tin Man.

4. Aladdin

Aladdin adalah satu dari dua cerita Disney yang punya status ini. Aladdin mendapatkan Oscar sebagai penghargaan pertamanya pada 1993 dan meraih EGOT melalui kemenangan piala Tony pada 2014. Memang peraihan statusnya tidak secepat The Lion King, namun pastinya sudah tahu cerita yang setema dengan Kisah 1001 Malam ini, kan?

5. The Sound of Music

Seperti yang terkira, cerita musikal ini mendapatkan Tony dan Grammy terlebih dahulu, masing-masing di tahun 1960 dan 1961. Baru setelah diangkat menjadi cerita film (yang juga populer di Indonesia), The Sound of Music meraih penghargaan Oscar, tepatnya pada 1966. Sementara itu, serial televisi cerita ini belum benar-benar sukses hingga mendapatkan penghargaan Primetime Emmy pada 2014, dalam cerita The Sound of Music Live! yang dibintangi Carrie Underwood.

Ternyata, ada juga beberapa film populer yang hampir meraih gelar tersebut, lho! Sebut saja Toy Story, Winnie the Pooh, Shrek, Beauty and the Beast, dan Batman.

Selain itu, hanya ada dua belas orang yang memiliki status ini, di antaranya mendiang Audrey Hepburn, dan figur publik legendaris Whoopi Goldberg. Tentunya, aman saja menganggap status EGOT termasuk salah satu status paling bergengsi sepanjang sejarah dunia hiburan dunia.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini