Image

Sutradara Salahkan Cannes Film Festival soal Kontroversi Okja

Lidya Hidayati, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017, 12:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 206 1715679 sutradara-salahkan-cannes-film-festival-soal-kontroversi-okja-82n4X9d0Dn.jpg Sutradara dan Para Pemain Okja. (Foto: NYDailyNews)

SEOUL – Masih ingat dengan kontroversi yang mengikuti pemutaran film Okja di Cannes Film Festival Mei 2017? Sutradara Bong Joon Ho akhirnya angkat bicara dan menyalahkan pihak Cannes Film Festival atas kontroversi yang melilit karyanya.

Menurut Joon Ho, diputarnya Okja di Cannes Film Festival bukanlah kesalahan pihaknya. Panitia Cannes Film Festival yang mengundang merekalah yang patut ditanyai dan disalahkan karena dianggap melanggar aturan.

“Akan lebih baik jika festival Cannes meletakkan aturan sesuai urutan sebelum mengundang kami. Mengundang kami dan membuat sebuah kontroversi, betapa memalukannya,” kata Bong Joon Ho seperti dikutip dari Yonhap News Agency, Rabu (14/6/2017).

Joon Ho menambahkan, “Ada dua film Netflix yang masuk festival (Cannes) tahun ini. Kami sutradara adalah orang yang sibuk membuat film. Kupikir kami tak bisa mempelajari hukum domestik Prancis selagi sibuk memproduksi film.”

Sekadar mengingatkan, pemutaran Okja di Cannes menuai kontroversi karena film yang dibintangi Tilda Swinton dan Jake Gyllenhaal ini tak pernah dijadwalkan akan tayang di bioskop Prancis. Padahal aturan menyebutkan jika film yang diputar di Cannes haruslah lebih dulu memiliki jadwal diputar di bioskop Prancis.

Okja merupakan film kerja sama Korea dan Amerika yang akan diputar di Netflix. Film ini bercerita tentang persahabatan antara seorang gadis dengan babi spesial yang merupakan peliharaannya.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini