nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Cinta BJ Habibie Diangkat ke Panggung Opera

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 02:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 26 33 1700072 kisah-cinta-bj-habibie-diangkat-ke-panggung-opera-K1Gh0ZNYDW.jpg BJ Habibie (Tengah) (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Kisah cinta BJ Habibie dan mendiang istrinya, Ainun Besari akan segera ditampilkan dalam panggung opera. Rencana tersebut diprakarsai oleh para pembaca buku Habibie dan Ainun yang sebagian besar berasal dari Jerman.

"Ide itu datang dari pembaca Habibie Ainun di Jerman. Mereka bilang, ceritanya lebih banyak episode yang lebih dari karya Puccini (Opera Madam Butterly)," kata BJ Habibie, saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, 25 Mei 2017.

BJ Habibie sendiri langsung menyambut positif ide tersebut. Presiden ketiga Republik Indonesia itu mengaku tak butuh pemikiran panjang untuk mengontak salah satu komponis ternama Tanah Air, Purwacaraka untuk membicarakan rencana pementasan.

Terkait penggarapan opera berjudul Ainun tersebut, BJ Habibie merasa bersyukur lantaran kisah cintanya dengan mendiang Ainun dapat menginspirasi para budayawan Tanah Air. "Saya bersyukur, alhamdulillah, karena dapat menginspirasi budayawan Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, romansa BJ Habibie dan Ainun Besari sudah lebih dulu diangkat ke layar lebar oleh salah satu rumah produksi domestik. Sama seperti penggarapan opera Ainun, film yang dirilis tahun 2012 itu juga mengadaptasi kisah cinta Habibie lewat buku yang ia tulis.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini