Paramitha Rusady Ditahbiskan Jadi Duta Geopark

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 12 Mei 2017 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 12 33 1689385 paramitha-rusady-ditahbiskan-jadi-duta-geopark-lVQqiyu3cU.jpg (Foto: Instagram)

BANDUNG - Artis senior Paramitha Rusady didaulat menjadi Duta Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Kehadiran Mitha diharapkan mampu mendongkrak wisata Jawa Barat dengan mengkampanyekan eksotisme alamnya ke berbagai wilayah nusantara maupun manca negara.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan, Paramitha Rusady dipilih dengan berbagai pertimbangan di antaranya karena dia merupakan orang Jawa Barat.

Selain itu, sosok Mitha juga cukup mengenal alam Jawa Barat, khususnya Palabuhanratu karena dirinya sering berkunjung ke sana. "Karena berbagai pertimbanganlah ya, karena dia juga memang orang Jawa Barat, orang Sunda. Kemudian juga artis yang sudah dikenal dan mengenal alam ini. Kami harapkan (Mitha) bisa fasih ya berbicara tentang geopark," kata dia.

Ia mengatakan dengan ditunjuknya Mitha sebagai Duta Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, maka langkah promosi, edukasi, serta sosialisasi tentang keunggulan Ciletuh-Palabuhan Ratu sebagai sebuah geopark atau taman bumi ada di tangannya.

Mitha sendiri mengaku berat mengemban tugas sebagai duta namun, bagi dirinya merupakan suatu kebanggaan telah diberi kepercayaan menjadi seorang Duta Geopark.

"Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas amanah dan apa yang dipercayakan kepada saya untuk mengemban tugas saya untuk menjadi Duta Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu ini.

Langkah saya karena tugas yang harus saya emban ini cukup berat karena saya harus menyuarakan, mengumandangkan, dan menyukseskan bagaimana wisatawan untuk datang kemari (Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu). Ini adalah tanggung jawab kita semua yang akan saya wakilkan, yang akan saya suarakan agar mereka (wisatawan) tertarik dan datang," lanjutnya.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga Jawa Barat dan Ciletuh-Palabuhan Ratu agar bisa mengetahui lebih jauh tentang Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Menurut Mitha, banyak sekali kekayaan alam, seni dan budaya di Ciletuh dan Palabuhan Ratu yang belum diketahui masyarakat luas. "Saya merasa terpanggil dan senang sekali untuk bisa menyuarakan tentang Geopark Nasional di Ciletuh-Palabuhan Ratu ini," kata perempuan yang juga Duta Lingkungan Hidup ini.

Mitha juga berharap besar Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu akan menjadi primadona wisata dunia dan ingin Ciletuh-Palabuhan Ratu tidak hanya dikunjungi wisatawan dalam negeri tapi juga wisatawan dari seluruh dunia.

"Besar harapan saya agar pesona wisata Ciletuh-Palabuhan Ratu ini akan menjadi primadona wisata dalam negeri dan juga bagi para wisatawan yang akan datang dari seluruh Nusantara bahkan dari seluruh dunia," katanya. 

Acara Malam Pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini merupakan ajang promosi dan sosialisasi Geoparak Ciletuh-Palabuhanratu.

Sebelumnya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sedang dalam proses pengajuan untuk menjadi Unesco Global Geopark (UGG) dan rencananya tim asesor atau penilai dari Unesco pun akan datang mengunjungi Ciletuh-Palabuhanratu pada Juni 2017.

Dalam acara Malam Pesona ini ditampilkan berbagai seni dan budaya, tayangan tentang keindahan alam Ciletuh-Palabuhanrtau, serta fashion show batik khas Pakidulan.

Wagub optimistis dengan berbagai kekayaan alam, keanekaragaman hayati, dan seni-budaya yang ada Ciletuh-Palabuhanratu akan bisa mewujudkan cita-cita sebagai Geopark Dunia.

(ful)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini