Image

Show You Love, Ketika Musisi Disabilitas Berkarya

Alan Pamungkas, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 04:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 20 205 1672136 show-you-love-ketika-musisi-disabilitas-berkarya-RPYCo3tj10.jpg Show You Love (Foto: Ist)

JAKARTA - Penyanyi Andin Komalla ingin membuat musik yang berbeda dari kebanyakan musisi lain. Andin menggarap forum Deaf People Project untuk mengkampanyekan kemahiran musisi penyandang disabilitas berkarya.

Deaf People Project digawangi oleh Surya Sahetapy, yang juga anak dari artis kawakan, Dewi Yull dan Rey Sahetapy, sebagai pemain piano/kibor (tunarungu), Marsya sebagai pemain biola (tunarungu), Fachry memegang drum (tunanetra) dan dua personel lain Andin Komalla sebagai vokalis dan Osvaldo Rio sebagai komposer dan synthesizer.

Tak sekadar berkarya, Andin Komalla dkk dalam rangka mensosialisasikan kelas bahasa isyarat dengan mendirikan kelas bahasa isyarat serta membuat proyek musik disabilitas tunanetra.

Deaf People Project pun telah beberapa kali manggung di pentas besar. Banyak dari penonton yang memberikan apresiasi kepada Deaf People Project.

”Rasanya seru dan deg-degan di waktu yang bersamaan. Katanya sih penonton pada terkagum-kagum kenapa bisa mereka yang tuli dan tunanetra bisa memainkan alat musik tanpa kesulitan,” tutur Andin.

Andin dan Deaf People Project terlihat mengusai berbagai lagu seperti Cintaku milik Chrisye, Closer dari The Chainsmokers, Bukan Main Main remix ZeeMoo dan Osvaldo Rio dan Show You Love.

Ketika latihan, tak ada keslitan ketika para musisi penyandang disabilitas. Sama halnya dengan musisi lain, latihan menggunakan not balok bisa membuat latihan semakin maksimal.

”Kesulitan muncul cuma pas di latihan. Soalnya teman yang tuli harus dikoordinasi di ketukan dan pitch karena mereka cuma membaca not balok. Cara membuat kompak sih natural saja. Kita kan saling berteman jadi bisa saling mengingatkan, toh kita terima perbedaan satu sama lain. Dan mereka juga asyik-asyik orangnya. Kita latihan hanya sebanyak enam kali pertemuan,” ungkap Andin.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini