nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimpi Gita Gutawa untuk Negara, Ciptakan Lagu Nasional

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Senin 10 April 2017 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 09 205 1662952 mimpi-gita-gutawa-untuk-negara-ciptakan-lagu-nasional-56gibD06df.jpg Gita Gutawa (Foto: Rima/Okezone)

JAKARTA - Jiwa bermusik dan semangat nasionalisme membawa Gita Gutawa untuk terdorong memperjuangkan lagu-lagu nasional. Hal itu ia dapatkan saat bersekolah di Inggris lewat mendapati sebuah artikel yang membicarakan besarnya pengaruh lagu nasional yang banyak muncul di tahun 1900-an hingga kemerdekaan.

"Lagu nasional itu sebenarnya yang merekatkan kita semua. Menyebarkan paham nasionalisme bahasa Indonesia yang dulunya terpecah-pecah. Buat aku itu hebat banget. Makanya kita punya banyak lagu nasional," ujar Gita di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Rasa gatalnya untuk memperjuangkan lagu nasional dilampiaskan lewat sebuah proyek musik yang ia rilis setiap peringatan hari besar nasional. Seperti yang telah ia keluarkan sejak hari guru pada November lewat lagu Terima Kasihku dan Ibu Kita Kartini jelang hari Kartini nanti.

"Kebetulan aku juga ada projek besar namanya Gita Puja Indonesia. Lagi mempersiapkaan sebuah tampilan lagu-lagu Indonesia. Memang aku rencana ngeluarinnya setiap lagu besar nasional," jelasnya.

Lewat gerakan menggalakkan lagu nasional lewat aransemen baru rupanya juga membuat pelantun Parasit ini gatel untuk bisa menciptakan karyanya sendiri.

"Insya Allah (untuk bikin lagu nasional). Aku juga gatel sendiri sih. Tapi belum tahu dikeluarinnya gimana (dan) kapan. Tapi udah mulai merancang," pungkas Gita Gutawa.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini