nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanung Bramantyo Sebut 2016 Puncak Kejayaan Perfilman Nasional

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 00:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 26 206 1651634 hanung-bramantyo-sebut-2016-puncak-kejayaan-perfilman-nasional-96qOLp4Ri3.jpg Hanung Bramantyo (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Sutradara Hanung Bramantyo turut memberikan pandangannya terhadap industri film Indonesia. Tahun 2016 lalu dianggap oleh Hanung sebagai puncak kejayaan perfilman nasional yang harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun ini.

Hanung mengatakan itu bukan tanpa alasan. Ia melihat dunia perfilman nasional semakin berkembang baik dari sisi kualitas, non-mainstream, atau bahkan jumlah penonton yang didapat oleh beberapa film di tahun 2016.

Kebanggaan Hanung jelas terlihat oleh prestasi Wregas Bhanuteja yang mendapat penghargaan di Festival Film Cannes berkat film pendeknya, Prenjak.

"Melihat dunia perfilman saat ini menggembirakan tentunya. Saya senang di tahun 2016 kemarin itu dari sisi non-mainstream, film-film festival dan para pembuat film-film festival itu jumlahnya meningkat terus dari kualitasnya beragam dan dari sisi penghargaannya pun meningkat. Kita belum pernah mendapatkan, dari zaman Mas Garin atau dari zaman Usmar Ismail setahu saya, penghargaan Cannes Film Festival. Dan Wregas mendapatkan itu di filmnya Prenjak," kata suami dari Zaskia Adya Mecca ini.

Sutradara berusia 41 tahun ini berharap agar geliat para pembuat film di tahun ini tidak meredup. Seperti diketahui, dibutuhkan waktu delapan tahun bagi film Indonesia untuk memecahkan rekor box office yang sedari dulu dipegang oleh Laskar Pelangi.

"Di sisi komersil itu juga luar biasa, lebih dari 10 film di tahun 2016 mendapat lebih dari satu juta penonton. Bagi saya tahun 2016 film Indoneseia berjaya. Nah, tinggal di tahun 2017 apakah momentum ini semakin naik atau menurun. Tapi saya pikir sih naik karena dari sisi non-mainstream itu mencerahkan orang-orang untuk membuat film," pungkasnya saat ditemui di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini