nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gita Gutawa Ungkap Lagu Nasional Indonesia Lebih Banyak dari Inggris

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Kamis 23 Maret 2017 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 23 205 1650289 gita-gutawa-ungkap-lagu-nasional-indonesia-lebih-banyak-dari-inggris-x2UhhL9H50.jpg Gita Gutawa (Foto: Rima/Okezone)

JAKARTA - Gita Gutawa telah kembali aktif di Indonesia sebagai musisi setelah beberapa tahun vakum untuk melanjutkan pendidikan S2 di Inggris. Lewat pengalaman studi dan hidup di sana, pelantun Doo Bee Doo ini mendapat inspirasi untuk melestarikan musik nasional.

Ide tersebut berangkat dari penilaiannya yang melihat bahwa negara tempatnya berkuliah itu tak memiliki banyak lagi nasional jika dibandingkan dengan Indonesia. Hal itu diketahuinya semenjak membaca tentang keunikan musik dalam negeri.

"Cerita sedikit pas ambil S2, aku baca artikel. Di situ dibilang sebenarnya Indonesia sangat unik sekali dan selama aku di Inggris. Inggris itu enggak punya lagu nasional yang banyaknya kayak Indonesia. Indonesia identik sekali dengan seni dan musik," ujat Gita di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (23/3/2017).

Pelestarian lagu nasional tersebut membuatnya kini tengah menggarap proyek Gita Puja Indonesia yang membuat gerakan nyanyian di setiap hari besar nasional. Namun, hal itu tak mempedulikan konteks lagu komersil yang lebih populer dari nasional.

"Aku mungkin dulu kalau mau melestarikan lagu ini biasanya kadang 'aduh ini kan enggak komersil'. Tapi mungkin ini juga perubahan yang aku dapet juga selama aku vakum empat tahun kuliah S1 (dan) S2 jadi aku enggak boleh memikirkan yang komersil-komersil saja," tambahnya.

Baginya, saat ini hanya ingin meluapkan pemikirannya terhadap isu-isu nasional. Gita sebagai musisi hanya ingin berkarya sesuai keinginan dan membawa pesan di dalamnya

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini