Kilas Balik Perjalanan Karier Gigi

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 22 Maret 2017 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 22 205 1649205 kilas-balik-perjalanan-karier-gigi-Nseh4J2ZEd.jpg Gigi (Foto: Twitter/Gigi)

JAKARTA - Band Gigi tengah berulangtahun ke-23 hari ini. Grup band tersebut digawangi oleh Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bass), dan Gusti Hendy (drum).

Gigi sendiri diketahui merupakan salah satu grup band kawakan yang memiliki jutaan fans yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak mudah untuk sebuah grup band bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Gigi sendiri dibentuk pada 1994 silam, dengan formasi awal Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, Aria Baron, dan Ronald Fristanto. Nama Gigi sendiri muncul setelah para personelnya tertawa lebar mengomentari nama "Orang Utan" yang nyaris dijadikan nama band ini.

Selama berkarier, Gigi diketahui melakukan gonta ganti personel. Tahun 1995, Gigi ditinggalkan sang gitaris, Aria Baron yang memutuskan pindah ke Amerika Serikat, untuk melanjutkan sekolah. Padahal ketika itu, karier Gigi baru saja dimulai.

Selang setahun, Thomas Ramdhan, sang basis juga memutuskan mundur lantaran merasa tidak sanggup menjalani proses rekaman karena saat itu, ia diketahui tengah mengalami masalah ketergantungan obat. Begitu pula dengan Ronald Fristanto, drummer, ia pun diketahui ikut hengkang dari Gigi lantaran adanya konflik antara para personil.

Meski begitu, tak butuh waktu lama bagi Gigi untuk bangkit dan mencari penganti Thomas. Tahun 1996, mereka merekrut Opet Alatas untuk mengisi posisi bassis. Sementara untuk posisi drummer, nama Budhy Haryono masuk untuk menggantikan Ronald di tahun 1997.

Dengan formasi baru tersebut, Gigi pun kembali menancapkan taringnya di dunia musik Tanah Air. Namun, lagi-lagi masalah mundurnya personel mendera band tersebut.

Setelah kurang lebih empat tahun Opet menjalani kariernya bersama Gigi, ia pun memilih untuk hengkang. Namun, hengkangnya Opet justru membuat Thomas kembali lagi ke grup band tersebut, bahkan hingga saat ini.

Cobaan kembali mendera grup band beraliran pop dan rock ini. Pada tahun 2004, Budhy Haryono memutuskan untuk berhenti dari Gigi, dan langsung digantikan oleh Gusti Hendy, hingga saat ini.

Memasuki usia 23 tahun, Gigi semakin matang dalam menyajikan musik-musik berkualitas untuk didengarkan masyarakat di Indonesia. Sebut saja album Dunia di tahun 1995 yang semakin mendongkrang popularitas Gigi di awal karirnya dengan single “Janji” dan “Yang T’lah Berlalu (Nirwana)” yang hingga kini masih terus terdengar di radio-radio.

Selain itu, grup band Gigi juga diketahui sempat didaulat untuk mengisi soundtrack film berjudul Brownies, dengan membawakan dua lagu berjudul “Bisa Saja” dan “Cinta Terakhir”, yang juga cukup populer hingga saat ini.

Selama perjalanan karier yang naik turun, Gigi diketahui sudah dapat menghasilkan kurang lebih 20 album. Tentu saja, hal itu menjadi sebuah pencapaian prestasi besar bagi musisi di Tanah Air.

Tak hanya soal karya, grup band ini juga diketahui sempat menggelar konser di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada tahun 2008, serta di Istora Senayan pada tahun 2011. Dalam konser tersebut beberapa komponis besar seperti Erwin Gutawa, Addie MS, Tohpati dan Andi Rianto, turut ambil andil pada konser tersebut.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini