Image

Jelang Hari Perfilman Nasional, Garin Nugroho Masih Kecewa Kinerja KPI

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 01:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 20 206 1647753 jelang-hari-perfilman-nasional-garin-nugroho-masih-kecewa-kinerja-kpi-5sDLOX53Re.jpg Garin Nugroho

JAKARTA - Menjelang perayaan Hari Perfilman Nasional, sutradara Garin Nugroho membagi sedikit pemikirannya tentang berbagai hal seputar perfilman di Indonesia. Sutradara berusia 56 tahun ini tak bisa menyembunyikan kekecewaannya terhadap lembaga sensor Indonesia.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjadi salah satu target Garin. Ia sangat menyayangkan keputusan sensor yang diterapkan KPI untuk film nasional yang masuk di layar kaca.

"Sistem blur tuh sebenarnya menunjukkan kekerdilan dari orang-orang KPI menghadapi perkembangan zaman, apa yang disebut penonton sebagai sebuah karya," kata Garin saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Sensor memang seharusnya dilakukan di televisi, namun dari apa yang terjadi selama ini, kekecewaan menjadi yang paling menonjol. Masih ada ketidaksepakatan antara pihak pembuat film dan KPI mengenai batasan-batasan yang harus dijaga.

Garin menganggap bahwa itu semua merupakan buah dari ketidakmampuan KPI dalam mengahadapi perubahan zaman.

"Bahwa sensor harus terjadi di televisi tapi cara blur KPI di televisi menunjukkan bahwa KPI tidak mampu menghadapi perubahan zaman dan tidak juga mempunyai etika dalam hubungannya penonton dengan karya di televisi," ketusnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini