Image

Garin Nugroho Kecam Hadirnya TV Kabel di Indonesia

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 22:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 20 206 1647715 garin-nugroho-kecam-hadirnya-tv-kabel-di-indonesia-KJTSAOp7FG.jpg Garin Nugroho (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Kehadiran saluran televisi berlangganan ternyata memiliki sisi baik dan sisi buruk di Indonesia. Sisi baiknya, mereka mampu menyajikan tayangan yang jauh lebih luas dan sarat pengetahuan jika dibandingkan apa yang ditawarkan oleh lokal.

Namun di sisi lain, dampak buruk juga dibawa oleh mereka terhadap perfilman nasional.

Hal tersebut diutarakan oleh sutradara kawakan Garin Nugroho. Ia menilai bahwa kehadiran saluran televisi berlangganan membuat film nasional kalah saing dengan film luar yang sering ditayangkan di sana.

"Ya sebenarnya tidak gampang karena sekarang tidak ada film internasional dan nasional dengan adanya tv-tv jaringan, tv-tv kabel, dan tv khusus sinema jadinya penonton tuh jadi tidak bisa membedakan mana film nasional dan mana film internasional," tutur Garin saat dijumpai di Jakarta Selatan, Senin (20/7/2017).

Maka dari itu, pihak industri perfilman Indonesia menjelang Hari Perfilman Nasional yang dirayakan pada tanggal 30 Maret mendatang, harus terus meningkatkan kualitas perfilman dalam negeri.

"Makanya film-film nasional harus meningkatkan kualitas agar bisa bersaing dengan film-film internasional tapi di industri kreatif karya-karya lokal selalu punya pasarnya sendiri. Gudeg Jogja punya pasar sendiri, nasi Padang punya pasar sendiri. Jadi kelokalan yang berkualitas jadi syarat bagi perfilman nasional," jelasnya lebih lanjut.

Jika kualitas sudah ditingkatn, Garin menajmin bahwa Indonesia akan semakin maju di bidang seni peran. Akan semakin banyak film nasional yang berhasil menembus box office tahun depan.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini