Image

Mengenang Chuck Berry Sang Legenda Musik Rock n' Roll

Lidya Hidayati, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 14:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 20 205 1647226 mengenang-chuck-berry-sang-legenda-musik-rock-n-roll-azhxey92jF.jpg Chuck Berry. (Foto: BBC)

LOS ANGELES – Dunia musik kembali kehilangan salah satu talenta musik terbaiknya saat Chuck Berry ditemukan meninggal dunia di rumahnya, Sabtu 18 Maret 2017. Berry menghembuskan nafas terakhirnya di usia 90 tahun.

Pemilik nama asli Charles Edward Anderson Berry ini lahir dari keluarga menengah pada 18 Oktober 1926 di Missouri. Sejak remaja, Berry sudah menunjukkan bakat musiknya dengan tampil di panggung-panggung sekolah.

Nama Berry mulai dikenal pada 1955 ketika dia merilis single Maybellene. Setelah itu, Berry terus melahirkan lagu-lagu hits yang menginspirasi banyak musisi lain seperti Roll Over Beethoven dan Johnny B. Goode.

Berkat prestasi dan jasanya di dunia musik, terutama rock n’ roll, Berry mendapat penghargaan seumur hidup dari Grammy pada 1984 lalu. Dua tahun berselang, dia menjadi salah satu orang pertama yang masuk di Rock and Roll Hall of Fame.

Dikenal sebagai legenda musik, Berry mengaku musiknya juga mendapat pengaruh dari musisi-musisi lain. Dia terutama cukup terinspirasi dari Muddy Waters dan T-Bone Walker serta lagu-lagu country dan musik Barat.

Meski berprestasi di dunia musik, Berry bukan sosok yang bersih dari masalah hukum. Pada 1979, dia pernah dipenjara 100 hari karena menghindari pajak. Di akhir 80-an dan awal 90-an, sejumlah wanita melaporkan Berry karena tuduhan kekerasan dan memasang kamera tersembunyi di toilet restorannya.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini