Image

Musisi Tanah Air Banyak Terlibat Jadikan Ambon City of Music

Sumarni, Jurnalis · Sabtu 11 Maret 2017, 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 10 205 1639427 musisi-tanah-air-banyak-terlibat-jadikan-ambon-city-of-music-06LEbsjIyB.jpg Glenn Fredly (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka menjadikan Ambon sebagai City of Musik Indonesia, Glenn Fredly mengungkapkan banyak upaya yang telah dilakukan terutama keterlibatan para musisi.

Semisal yang paling utama, membuat perkumpulan para musisi setiap sebulan sekali di sana.

"Setiap bulan kita ada perkumpulan. Nanti arahnya musik sebagai pendidikan, edukasi kepada masyarakat. Kita juga menjadikan musik sebagai sejarah. Aktivitas itu sudah berjalan dan ini sudah ada sejak tahun lalu dan dimatangkan lagi tahun ini," katanya kepada Okezone di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Untuk mewujudkan Ambon sebagai epicentrum musik Tanah Air, Glenn menuturkan sudah banyak para musisi ternama yang bergabung. Pasalnya, ini merupakan gebrakan bersama para pekerja seni tarik suara di Indonesia.

"Ini gerakan bersama. Banyak musisi yang terlibat. Banyak nama-nama yang juga sudah bergabung dengan kami," sambungnya.

Sebagai penyanyi berdarah Ambon, Glenn tak meraaa terbebani soal kota-nya dijadikan pusat bermusik Tanah Air.

"Enggak dong (beban). Saya malah semangat. Selama kalian lihat musik bukan hanya dari segi ekonomi dan keuntungan kita pasti semangat memajukan musik kita," tambahnya.

Sementara itu, pencanangan Ambon sebagai City of Music digagas oleh Badan Kreatif Ekonomi (Berkat) Indonesia. Mereka bersama para musisi menargetkan Ambon mendapatkan gelar City of Music dari Unesco pada 2019 mendatang.

Dengan begitu pemerintah berharap musik di Tanah Air memiliki 'payung' alias tagline sendiri di mata Dunia. Bagi para wisatawan asing yang gemar bermusik dapat langsung menuju Ambon. Begitulah yang kini sedang ditargetkan pemerintah bersama rekan musisi lainnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini