Image

Glenn Fredly Siap Jadikan Ambon City of Music di Indonesia

Sumarni, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017, 09:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 10 205 1639057 glenn-fredly-siap-jadikan-ambon-city-of-music-di-indonesia-0o1yUWZSh0.jpg Glenn Fredly (Foto: Sumarni/Okezone)

JAKARTA - Kepedulian musisi Glenn Fedly dalam memajukan musik Tanah Air patut diapresiasi. Glenn beserta pemerintah dalam hal ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) siap menjadikan Ambon sebagai City of Music (Kota Musik) pada 2019 mendatang.

Dijelaskan Glenn, Ambon City of Music sejatinya merupakan lambang bahwa Nusantara memiliki wadah perkumpulan para musisi. Ia juga berharap Ambon City of Music dapat membangun ekonomi dalam hal pariwisata secara tak langsung.

"Ambon City of Music ini dicanangkan oleh Badan Ekonomi Kreatif agar masuk Unesco empat tahun ke depan. Ini pintu masuk musik Indonesia agar mempunyai tempat," katanya kepada Okezone di Cilandak, Jakarta Selatan.

Ia mengibaratkan bahwa kota Ambon hanya sekadar lambang musik di Indonesia. Pemilihan kota Ambon pun bukan tanpa alasan, dari sana bisa dibilang menjadi tempat awal para pelopor musik Tanah Air berasal.

"Ibarat kata City of Music di Ambon itu epicentrum. Itu simbol untuk bicara Indonesia saat ini. Ambon dengan histories tentang musik yang banyak. Dengan begitu bisa dijadikan oleh para musisi kita sebagai pusat bermusik di sana," imbuhnya.

Tak menutup kemungkinan, tagline City of Music juga bisa hadir di daerah lain. Glenn mengungkapkan setiap daerah di Indonesia berhak mengklaim hal itu jika berhubungan dengan kemajuan musik Tanah Air.

"Tak menutup kemungkinan City of Music juga ada di daerah lain dengan warna yang berbeda. Ini kalau untuk memajukan musik Indonesia di masa depan kenapa tidak. Kalau musik Hawaiian centernya di Ambon, mungkin di Sumatera atau Kalimantan mau bikin apa bisa juga," tambahnya.

Supaya dapat merealisasikan hal tersebut Bekraf dan pemerintah kota setempat sepakat menyediakan fasilitas dan infrastruktur bagi para musisi di Ambon. Mereka berharap dengan menjadikan Ambon City of Music bisa menarik minat para wisatawan asing untuk berwisata ke sana.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini