Image

Tiga Film Inspiratif Tentang Sepakbola yang Harus Ditonton

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017, 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 28 206 1630446 tiga-film-inspiratif-tentang-sepakbola-yang-harus-ditonton-DKvbyerZwU.jpg Shaolin Soccer. (Foto: Silverlakepictureshow)

JAKARTA - Sepakbola sudah tidak lagi menjadi tema yang asing untuk diangkat dalam sebuah film. Film-film tersebut seringkali bernada perjuangan dan memiliki pesan yang serupa, yaitu sebuah tujuan yang akhirnya tercapai. Tentunya jadi inspirasi bagi para penonton.

Namun, penyampaian cerita tidak harus melulu serius. Banyak dari film-film itu yang kemudian dicampur dengan adegan-adegan padat laga hingga kelucuan yang bisa terjadi begitu saja.

Menurut rangkuman Okezone, berikut tiga film bertema sepakbola terkenal yang patut ditonton.

1. The Damned United

Film drama ini menceritakan kisah tragis pesepakbola Brian Clough ketika dirinya menjadi pelatih klub Leeds United, Inggris. Cerita asli Brian Clough berakhir ketika dirinya dipecat setelah 44 hari menjabat sebagai pelatih.

Namun film yang diceritakan membuatnya terkesan tidak terlalu buruk. Film ini juga menceritakan drama yang terjadi antara Clough, sahabatnya Peter Taylor, dan seorang rival, Don Revie. Diperankan oleh aktor asal Wales Michael Sheen, The Damned United berhasil mendulang penilaian empat bintang dari The Guardian dan 93 persen dari Rotten Tomatoes.

2. Garuda di Dadaku

Dari ranah lokal, film Garuda di Dadaku menjadi serial berisikan dua film, yang menceritakan seputar tokoh Bayu, diperankan Emir Mahira. Film ini menjadi salah satu film olahraga paling high-profile di Indonesia lengkap dengan soundtrack berjudul serupa karya NTRL kerap dinyanyikan sebagai anthem suporter saat Tim Nasional Indonesia bermain.

Film pertama menceritakan konflik antara keinginan Bayu untuk menjadi seorang atlet sepakbola meskipun kakeknya ingin dia menjadi seniman. Sedangkan, film kedua menggambarkan konflik Bayu dengan seorang pemain baru dalam tim, Yusuf.

3. Shaolin Soccer

Film serba lucu dari Hong Kong ini tentunya sangat berkesan bagi para penonton. Bagaimana tidak, salah satu film pertama yang melambungkan nama Stephen Chow ini berhasil mengambil hati penonton dengan aksi ciamik dan gambar buatan komputer (CGI) yang membuat lucu beberapa adegan laga serius.

Sementara itu, dari sisi cerita disuguhkan dengan sangat ringan dan mudah dicerna sehingga mempersilahkan penonton untuk hanya duduk menikmatinya dan tidak banyak berpikir. Meski begitu, cerita film ini tidak kehilangan kesan tragis di beberapa bagian cerita serta berhasil memasukkan adegan-adegan drama dengan baik.

Film Shaolin Soccer tersebut juga masih menginspirasi penonton dilihat dari usaha tim Stephen Chow, Vicki Zhao, dan tentunya sang paman abadi, Ng Man-tat, dalam bertanding meraih juara dalam sebuah kompetisi dan menghadapi lawan yang licik.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini