nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kreatif, Siswa-Siswi SMK RUS Kudus Ciptakan Film Animasi

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 22:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 24 206 1627730 kreatif-siswa-siswi-smk-rus-kudus-ciptakan-film-animasi-6nNaBsT3wz.jpg Siswa pembuat film Animasi (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Industri perfilman Indonesia kian hari kian meningkat baik secara kemampuan maupun secara kualitas. Baru-baru ini, siswa-siswi SMK Raden Umar Said Kudus berhasil menciptakan sebuah film animasi pendek berjudul Pasoa & Sang Pemberani.

Dengan memakan waktu pembuatan selama 15 bulan, siswa-siswi ini sukses menciptakan film animasi dengan durasi 25 menit.

Okezone sempat berbincang santai dengan Naufal Ijlal, salah satu siswa dari SMK tersebut, membicarakan tentang proses pembuatan film animasi. Ia memaparkan bahwa pembuatan film animasi, yang notabene masih jarang di Indonesia, tergolong lama dan sulit di bagian compositing. 

"Paling sulit itu proses compositing, penggabungan elemen-elemen dari semua yang dikerjain," kata Naufal saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017). 

Dalam film tersebut Naufal, yang memiliki cita-cita ingin bekerja di Disney, bertugas di bagian department lighting. Ia memiliki peranan untuk menghidupkan gambar-gambar animasi yang telah dibuat dengan menambahkan unsur-unsur cahaya ke dalamnya. 

Ia tertarik untuk menggeluti dunia animasi karena sering menonton film animasi. Setelah menonton, rasa penasaran Naufal akan bagaimana proses pembuatan film animasi terus meningkat sehingga ia memutuskan untuk mengambil sekolah dengan penjurusan animasi. 

"Awalnya itu suka nonton film animasi dan tertarik gimana cara buatnya," jelas pencinta film Transformers tersebut. 

Dengan adanya sekolah penjurusan animasi ini, Indonesia diharapkan mampu mencetak animator-animator handal yang mampu mengharumkan nama bangsa dengan karya-karyanya di masa mendatang. 

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini