Image

Menpora Ingin Livi Zheng Angkat Film Tentang Pencak Silat

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 15 Februari 2017, 13:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 15 206 1619001 menpora-ingin-livi-zheng-angkat-film-tentang-pencak-silat-BKHtZlRmn6.jpg Livi Zheng. (Foto: Instagram)

JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak sutradara film Hollywood asal Indonesia Livi Zheng mengangkat pencak silat melalui film, agar lebih dikenal di seluruh dunia.

Imam mengatakan pihaknya berniat menjadikan pencak silat sebagai salah satu sportourism di Indonesia. Salah satu caranya adalah mengajak Livi Zheng mengangkat budaya pencak silat Indonesia ke layar lebar.

“Saya mau ajak Livi Zheng yang telah mengangkat tradisi Karapan Sapi melalui film. Kami ingin angkat pencak silat ini melalui film, agar lebih mendunia,” kata Imam Nahrowi, Selasa (14/2/2017), seperti dikutip Solopos.

Imam menuturkan Kemenpora juga berencana menjadikan Madiun dan Jakarta sebagai Kabupaten Pencak Silat. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan penunjukan kedua daerah tersebut, dan akan ada peresmian oleh pemerintah pusat.

Sebagai informasi, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sendiri saat ini berupaya menjadikan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade. Hingga kini sudah ada 41 negara yang menyatakan dukungan agar pencak silat dipertandingkan di Olimpiade.

Agar dapat dipertandingkan di ajang Olimpiade, cabang olahraga tertentu harus mendapat dukungan dari 70 negara anggota Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC) yang telah memiliki federasi cabang olahraga tersebut.

Pembiayaan menjadi salah satu kendala IPSI dalam mempromosikan dan mengupayakan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Padahal targetnya pencak silat sudah dipertandingkan dalam ajang Olimpiade 2024.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini