Image

Penulis-Penulis Ini Pengaruhi Lagu-Lagu Glenn Fredly

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017, 22:02 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 02 14 205 1618336 penulis penulis ini pengaruhi lagu lagu glenn fredly ErY5cn5QZg.jpg Glenn Fredly (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA - Sebagai seorang pencipta lagu handal, sudah sewajarnya jika Glenn Fredly memiliki hobi membaca buku. Ia membutuhkan buku untuk semakin menambah bank kata yang dimiliki olehnya.

Beberapa buku juga diakui oleh Glenn mempengaruhi gaya penulisan lagunya. Penulis-penulis besar semacam Pramoedya Ananta Toer, Sapardi Djoko Damono, atau bahkan Aan Mansyur adalah konsumsi baca Glenn selama ini.

"Saya terinspirasi sengan buku, bukunya Pramoedya Ananta Toer. Saya besar dengan karya yang dilarang, dan lagu yang saya dapat, saya suka beberapa penulisan yang Aan Mansyur, Agus Nur juga, Sapardi. Itu puisi yang saya suka, banyak literasi-literasi," kata Glenn saat ditemui di Yogyakarta, Selasa (14/2/2017).

Untuk saat ini, pelantun lagu Januari tersebut tengah membaca novel Dewi Lestari dan beberapa buku filsafat. Glenn menganggap bahwa membaca adalah sesuatu yang penting dan pada era digital ini harus kembali digalakkan.

Minat membaca semakin tersisihkan oleh perkembangan zaman. Seharusnya minat baca dan perkembangan teknologi tetap berjalan berdampingan.

"Dunia baca penting untuk dikembalikan lagi. Kita tahu di era serba instan hari ini orang generasi millenial, saya enggak bisa men-generalisir, cuma literasi ruangnya makin sedikit. Padahal tumbuh kembangnya harusnya sejajar dengan digital hari ini," tandasnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini