Image

Gonta-Ganti, ST12 Ungkap Kriteria Vokalis Favoritnya

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017, 19:55 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 02 13 205 1617332 gonta ganti st12 ungkap kriteria vokalis favoritnya 48VeCb6MoP.jpg ST12 (Foto: Dewanto/Okezone)

JAKARTA – Gonta-ganti vokalis, ST12 rupanya selalu menggelar audisi terbuka untuk calon personel. Begitu pula dengan vokalis-vokalis yang direkrut ST12 sepeninggal Charly. Tentunya, proses audisi tersebut dilakukan dengan ketat untuk band sekaliber ST12.

Namun, band yang kini beranggotakan Pepep, Indra, dan Zai tersebut tidak ragu membeberkan kriteria vokalis favoritnya setelah beberapa lama berkarir dengan bermacam-macam vokalis.

ST12 mengungkapkan mereka lebih mengutamakan personelnya tidak terkena star syndrome dibandingkan memiliki kemampuan bermusik yang mumpuni.

“Makanya tiap kali pilih vokalis aku ada satu kategori khusus, bagaimana jadi superstar itu, aku juga rencana bikin buku bahwa attitude itu sangat menjunjung tinggi sekali,” ungkap frontman sekaligus drummer mereka, Pepep, dalam wawancara eksklusif bersama Okezone di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Bahkan, Pepep menambahkan, hal ini lebih penting daripada kemampuan bernyanyi sang calon vokalis.

“Suara yang sederhana tapi dia punya good quality attitude, itu bisa mendongkrak dia menjadi sesuatu yang lebih. Siap ga seorang superstar untuk me-manage attitude mereka? Kadang orang S3 musik keren, belum tentu. Ilmu segudang belum tentu,” tambah Pepep.

Pernyataan tersebut pun diamini oleh manajemen yang proses audisinya dibeberkan oleh Zai, vokalis terbaru ST12. Zai membeberkan sedikit mengenai proses audisi yang akhirnya meloloskannya sebagai vokalis.

Zai juga mengungkap bahwa proses yang dilakukan ST12 dalam menerima vokalis-vokalis sebelumnya, Ridho dan Dimas, juga serupa, dan hal yang diutamakan adalah kepribadian sang calon vokalis. Meski begitu, teknik bernyanyi tetap menjadi standar yang harus dipenuhi setiap calon.

“Keseharian kita, teknik bernyanyi pastinya, attitude, yang dimana ST12 ga pengen sosok yang star syndome. Banyak lah ya orang yang baru dan bermunculan, nah tim ST12 ga mau seperti itu. Jadi bener-bener, dari Ridho dan Dimas itu hasil audisi juga, jadi sama, sistem yang diterapkan itu sama. Audisi selalu sama, supaya nantinya kita siap dan tetap merendah,” papar Zai.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini