Image

Alasan Film Shah Rukh Khan Dilarang Tayang di Pakistan

Agregasi Solopos, Jurnalis · Jum'at 10 Februari 2017, 10:17 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 02 10 206 1614548 alasan film shah rukh khan dilarang tayang di pakistan EWbVdq9W0b.jpg Shah Rukh Khan. (Foto: IndiaToday)

MUMBAI – Film terbaru Shah Rukh Khan yang berjudul Raees dilarang tayang di Pakistan menyusul memanasnya hubungan dua negara tersebut. Pelarangan tersebut diungkap oleh lembaga sensor film setempat.

Dilansir Solopos, Jumat (10/2/2017), Film Raees merupakan salah satu film yang sangat dinantikan di Pakistan karena nyanyian dan tarian khas Bollywood sangat populer di negara tersebut.

“Ya, sertifikat sensor tidak bisa diterbitkan untuk film Raees karena mengandung adegan tidak pantas,” kata Ketua Majelis Sensor Film Pakistan, Mubashir Hussain, kepada Kantor Berita Reuters.

Saat ditanya kenapa film tersebut dilarang, Hussain menolak menjelaskannya, merujuk pada laporan surat kabar.

Harian berbahasa Inggris di Pakistan, Dawn, melaporkan adegan di film tersebut dapat “merusak ajaran Islam dan salah satu sekte keagamaan tertentu, dan menggambarkan seorang muslim sebagai penjahat, seorang buronan dan teroris,” sambungnya

Meskipun telah lama berseteru, Pakistan dan India memiliki kesamaan budaya yang mendalam sebelum mereka terpisah pada masa berakhirnya kekuasaan kolonial Inggris pada 1947.

Ketegangan meningkat setelah pasukan keamanan India melancarkan penggerebekan dalam unjuk rasa di Kashmir yang dikendalikan India pada Juli tahun lalu, menyusul tewasnya pemimpin separatis muda muslim di tangan pasukan keamanan tersebut.

Hubungan keduanya memburuk pada bulan September tahun lalu pada saat kelompok garis keras menyerang pangkalan militer di Kashmir yang dikontrol India hingga menewaskan 18 tentara. India menuding Pakistan di balik insiden serangan tersebut.

Islamabad menyanggah keterlibatan dalam serangan tersebut, namun hubungan diplomatik runtuh dan upaya New Delhi mengisolasi Pakistan di kancah dunia internasional memicu seruan di India agar ada larangan aktor dan aktris Pakistan terlibat dalam industri raksasa film Bollywood di negara itu.

Sejumlah gedung bioskop di Pakistan berhenti memutar film-film India selama 11 pekan sejak September lalu dan pembatasan pemerintah itu masih berlangsung untuk mencegah penyedia saluran televisi kabel India.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini