Image

Teater Lysistrata Ingin Samakan Derajat Kaum Wanita dan Pria

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Sabtu 14 Januari 2017, 00:37 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 01 14 205 1591321 teater lysistrata ingin samakan derajat kaum wanita dan pria Czw8rLn0QW.jpg Teater Lysistrata (Foto: Raynaldi/Okezone)

JAKARTA - Pertunjukan teater berjudul Lysistrata akan digelar dua hari berturut-turut mulai tanggal 14 dan 15 Januari 2017 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Lysistrata merupakan karya Aristophanes yang menceritakan tentang kaum perempuan yang membawa semangat feminisme di tengah ancaman perang Athena dan Sparta.

Lysistrata yang diperankan oleh Citra Kirana membujuk para wanita Yunani untuk menahan hak seksual dari suami serta kekasih mereka. Hal tersebut sebagai sarana memaksa Athena dan Sparta untuk menempuh jalur damai.

Rindra Panca selaku sutradara ingin menyampaikan pesat tersirat lewat pertunjukan teater berdurasi dua jam ini. Ia ingin menyamakan derajat kaum wanita dengan kaum pria.

"Selama ini kaum perempuan dijadikan hiasan pelengkap perempuan dijadikan cuma sebagai pelengkap saja laki-laki yang belum jadi. Socrates bilang mereka cuma bisa di dapur malamnya melayani suami. Indonesia sekarang kesetaraan perempuan dan laki-laki kenyataan lebih cerdas perempuan dari laki-laki," ujarnya Jumat 13 Januari 2017.

Pertunjukan teater ini juga bercerita tentang bentuk protes kaum wanita atas perang panjang yang tidak berkesudahan, di tengah kekacauan situasi politik dan ekonomi yang dialami masyarakat Athena.

Dari pantauan Okezone pada preview pementasan, Lyristrata juga sedikit mengadopsi budaya Indonesia dan kejadian sosial yang belakangan ini terjadi. Para pemain yang mayoritas pesinetron terlihat cukup mempuni memerankan karakter masing-masing dengan improvisasi mereka.

Naskah karya Aristophanes terjemahan almarhum WS Rendra ini juga dikemas apik. Tak hanya perlawanan, namun unsur komedi juga disisipkan di tengah alur cerita.

Lysistrata yang diselenggarakan oleh Teater Kampung Duku ini juga diperankan oleh Andi Arsyil (Walikota Athena), Intan Pramoga Dewi (Clorus), Haydar Ali (Pemimpin Laki-Laki), Rio Reifan (utusan Sparta), Erica Putri (Lampito), dan masih banyak lainnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini