DEMO 4 November: Bimbim Minta Masyarakat Belajar Demokrasi

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 04 November 2016 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 04 33 1533380 demo-4-november-bimbim-minta-masyarakat-belajar-demokrasi-Kv118f3jnS.jpg Bimbim "Slank" (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Demo 4 November yang terjadi hari ini cukup menyita perhatian seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali drummer grup musik Slank, Bimbim.

Bagi Bimbim, demokrasi memang merupakan sesuatu yang baru bagi bangsa Indonesia. Momen seperti ini tak didapat oleh bangsa Indonesia dari pemerintahan sebelum-sebelumnya dan akan menjadi lebih baik jika dijadikan sebagai sebuah pembelajaran.

"Belajar berdemokrasi. Kita baru demokrasi dari tahun 1998, selama pemerintahan Soeharto, kita dibungkam. Selama pemerintahan Soekarno, kita dipimpin. Praktis baru beberapa tahun lalu. Jadi, kita masih remaja dan wajar kalau ada yang emosi," ujarnya.

Bimbim bersyukur karena demo hari ini berjalan dengan damai dan aman. Ia menilai bahwa baik rakyat dan pihak berwajib di Indonesia juga sudah mulai memandang demokrasi dengan lebih baik.

Pada intinya, Bimbim menegaskan bahwa semua lapisan masyarakat memang harus tetap belajar tentang demokrasi.

"Ya sampai sore ini juga kan baik-baik saja. Polisi juga sudah dewasa, hari ini dilemparin aqua atau apa diem saja. Kita semua sudah belajar. Hak demokrasi semua negara sih jangan sampai slip omongan tentang apapun. Intinya keep learning," tutup Bimbim.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini