Image

Olga Lidya: FFI Perketat Kualitas Juri Tahun Ini

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 17 206 1517305 olga-lidya-ffi-perketat-kualitas-juri-tahun-ini-YFVnf6W55e.jpg Olga Lidya (Foto: Rima/Okezone)

JAKARTA - Proses penjurian Festival Film Indonesia (FFI) 2016 telah resmi dimulai mulai 17-30 Oktober. Sebanyak sekitar 200 orang juri yang terlibat, terdiri dari sembilan asosiasi dan FFI Lifetime Member, yang berasal dari nomine dua tahun sebelumnya.

Olga Lidya selaku Ketua Bidang Penjurian mengatakan bahwa tahun ini mereka mengacu pada The Academy Award dengan melibatkan nomine-nomine sebelumnya. Kendati begitu, hal itu menjadi suatu kesulitan untuk menentukan pemilihan juri.

"Bahwa kita menggunakan sistem itu dan memang ini adalah satu hal yang sangat krusial dan sulit. Karena pertama, juri-juri itu harus bisa diakui oleh rekan-rekannya kalau mereka adalah juri yang mumpuni, mempunyai kredibilitas dan mampu ubtuk menjuri. Kedua, kalau bisa enggak ada filmnya tahun ini," kata Olga di Sudirman, Jakarta Pusat pada Senin (17/10/2016).

Pemain film Rectoverso tersebut mengaku kesulitan untuk mencari juri yang berkualitas karena diantara mereka memiliki lebih satu film dalam setahun. Selain soal kredibilitas, ketersediaan waktu juga menjadi poin penting sebagai juri.

"Juri-juri ini terpilih dari yang terbaik, mereka adalah mereka yang menyempatkan waktu dan enggak lagi sibuk juga dan bisa menonton film-film dengan memberikan penjurian yang adil (dan) yang paling penting sebetulnya," tambahnya.

Sementara itu, Festival Film Indonesia 2016 akan diselenggarakan pada 6 November 2016 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Sebanyak 21 nominasi telah diumumkan sebelumnya mulai dari Aktor Terbaik, Film Terbaik hingga Soundtrack Terbaik.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini