Image

Nominasi FFI 2016 Dipertanyakan, Ini Kata Lukman Sardi

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2016, 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 15 206 1515478 nominasi-ffi-2016-dipertanyakan-ini-kata-lukman-sardi-LCMjiCMlxA.jpg Lukman Sardi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Belum juga mulai sudah menimbulkan pertanyaan. Sederet daftar nomine Festival Film Indonesia 2016 terdengar asing di deretan film komersil Tanah Air. Pasalnya, beberapa diantaranya diketahui belum mulai tayang di bioskop dalam negeri.

Kendati begitu, Lukman Sardi selaku ketua FFI 2016 meluruskan bahwa hal itu terjadi dengan alasan tentunya. Ia menjelaskan bahwa film-film tersebut telah memenuhi salah satu syarat untuk bisa masuk dalam jajaran nomine.

"Memang ada beberapa film di Indonesia belum tayang. Syarat pertama, dia sudah lulus sensor film dengan jangka waktu yang ditentukan panitia FFI (yaitu) Oktober 2015-September 2016," kata Lukman di kawasan M.H Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat (14/10/2016).

Alasan lainnya adalah film tersebut telah tayang di ruang publik. Walaupun belum tayang di layar lebar dalam negeri, film-film tersebut telah dipertontonkan di festival luar negeri.

"Masalah penayangan ada juga beberapa film belum tayang di Indonesia, tapi sudah tayang di ruang publik atau di luar. Misalnya, tahun lalu Siti dan Copy of My Mind, dia sudah tayang di festival film luar," tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Olga Lidya selaku ketua panitia FFI 2016. Aktris berdarah Tionghoa tersebut mengatakan kalau salah satu syarat pemilihan nomine adalah pernaj tayang di layar lebar ruang publik.

"Kenapa boleh walau belum pernah tayang? karena kami akan kesulitan menjawab, 'film ini sudah berprestasi di luar, kok enggak ikut FFI? Kalau kita ikutkan tahun depan kan sayang udah lewat," tambah Olga.

Festival Film Indonesia 2016 terdiri dari 21 kategori untuk para sineas Indonesia mulai dari aktor, aktris, sutradra, animasi, film dokumenter, film pendek, penatas busana hingga soundtrak. Rencananya, acara puncak akan diadakan pada 6 November 2016 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini