Image

TOP GOSSIP #9: Jaring Sineas Muda, FFI 2016 Bentuk Tim Juri Independen

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 08 September 2016, 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 08 33 1484842 top-gossip-9-jaring-sineas-muda-ffi-2016-bentuk-tim-juri-independen-Fs04xiZBXT.jpg Olga Lidya, Ketua Bidang Penjurian FFI (Foto: Sabki/Okezone)

JAKARTA - Demi meningkatkan kualitas penjurian, FFI telah membentuk sebuah panitia independensi juri. Dengan adanya panitia independensi juri , Olga Lidya, selaku Ketua Bidang Penjurian, sangat berharap akan banyak sineas muda yang mengikutsertakan film ke ajang FFI tahun ini.

Langkah ini dimaksudkan agar para talenta dan bakat para sineas muda tercium oleh industri perfilman dan bisa masuk ke industri musik. "Saya ingin lebih banyak lagi sineas muda yg mendaftarkan film non bioskop. Saya sungguh berharap lebih banyak yang mendaftar," kata Olga saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat Kamis (8/9/2016).

Sebagai sebuah ajang penghargaan tertinggi bagi insan perfilman Indonesia, FFI melibatkan 11 asosiasi pekerja perfilman dalam proses penjurian. Asosiasi yang dilibatkan dalam sistem penjurian di antaranya, Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI), Asosiasi Casting Indonesia (ACI), Indonesian Film Directors Club (IFDC), Indonesian Motion Picture Audio Association (IMPACT), Rumah Aktor Indonesia (RAI), Indonesian Film Editors (INAFEd), Sinematografer Indonesia (SI), Indonesian Production Designers (IPD), dan Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR).

Film yang akan diperlombakan sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu film bioskop dan film non bioskop. Film non bioskop terdiri dari film pendek, film animasi pendek, film dokumenter panjang, dan film dokumenter pendek.

Film-film di kategori bioskop yang terpilih nantinya akan melewati tiga tahap penjurian. Pada tahap pertama, setiap asosiasi mendaftarkan shortlist film pilihan mereka. Pada tahap kedua, penjurian dilakukan oleh lima juri terpilih sesuai dengan keahliannya masing-masing untuk menilai satu atau beberapa unsur. Pada tahap terakhir, Panitia Pelaksana FFI menambahkan jumlah juri dengan tokoh-tokoh yang dianggap mampu memberikan penilaian.

Total sebanyak 21 kategori akan diperlombakan dan terbagi menjadi 17 kategori untuk film bioskop dan empat kategori untuk film non bioskop.

(Amz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini