nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanda Hamidah Harap Tragedi Trisakti 'Berdarah' Diusut Tuntas

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 02:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 11 33 1385032 wanda-hamidah-harap-tragedi-trisakti-berdarah-diusut-tuntas-5J4k3FZjTm.jpg Wanda Hamidah (Foto: Raynaldi/Okezone)

JAKARTA - Sebagai aktivis dan juga alumni Universitas Trisakti, Wanda Hamidah merasa peristiwa berdarah Trisakti 12 Mei 1998 lalu tidak juga menemukan titik terang. Buktinya sampai saat ini tidak ada tindakan serius dari pemerintah sejak kepemimpinan BJ Habibie.

"Saya tidak melihat ada langkah kemajuan dengan kasus pelanggaran HAM terutama kasus Trisakti 12 Mei," ungkap Wanda Hamidah saat ditemui di Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat, Selasa 10 Mei 2016.

Lulusan Universitas Trisakti fakultas Hukum tahun 2000 yang juga ikut dalam demonstrasi bersejarah tahun 1998 ini menganggap jika pemerintah hanya mengobral janji. Dan menjadikan pelanggaran HAM saat itu sebagai kampanye politik.

"Pemerintahan demi pemerintahan hanya menjanjikan saja dan menjadi hangat setiap pemilu saja. Kalau menurut saya tidak ada dari reformasi 98 satu pemerintahan pun yang beritikat baik untuk menuntaskan peristiwa Trisakti ini," ujar Wanda.

Wanda juga menyayangkan pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang sampai saat ini belum ada tindakan tegas. Padahal, pada peristiwa saat itu merenggut empat korban jiwa dan puluhan mahasiswa hilang tidak ada kejelasan sampai sekarang.

"Dua tahun berlalu juga saya belum lihat itikat baik dari pemerintahan Jokowi. Yang bikin sedih saya khawatir kasus politik sering jadi bargenning politik deal-deal politik," ujar Wanda.

Abdul Kader selaku Presiden Universitas Trisakti berharap agar pemerintahan Jokowi JK dapat menuntaskan kasus ini. "Tahun ini kami menagih janji Jokowi untuk penuntasan kasus ini. Kami ingin keseriusan untuk memenuhi janji mereka agar tidak menjadi komuditas politik yang dilakukan pada pemilu-pemilu selanjutnya," timpalnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini