nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keliru Puji Oprah Winfrey, Perusahaan Kosmetik Dikecam

Selasa 01 Maret 2016 07:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 01 33 1324508 keliru-puji-oprah-winfrey-perusahaan-kosmetik-dikecam-xAaD6RnRxa.jpg Whoopi Goldberg dan Oprah Winfrey. (Foto: Us Magazine)

LOS ANGELES – Niatnya ingin memuji, perusahaan kosmetik Total Beauty justru dikecam di media sosial. Pasalnya, pujian tersebut salah sasaran.

Dalam sebuah kicauan di Twitter yang mengomentari penampilan selebritas di red carpet Oscar, Senin (29/2/2016), total Beauty tidak bisa membedakan antara komedian dan aktris Whoopi Goldberg (60) dengan konglomerat media Oprah Winfrey (62).

Saat itu, mereka mengomentari foto Whoopi di red carpet. Sang aktris mengenakan sebuah gaun hitam dengan potongan bahu terbuka yang memperlihatkan tato di pundaknya. “Kami tidak tahu @Oprah punya #tato, dan kami menyukainya…,” tulis akun Twitter Total Beauty, yang biasanya memberikan tips kesehatan di situsnya, seperti dikutip CNN.

Mengingat Hollywood sedang disorot terkait masalah rasial, blunder yang dilakukan Total Beauty pun langsung menuai kritik. “Kalian sudah pernah lihat orang kulit hitam sebelumnya?” tanya seorang pengguna Twitter.

Seorang dosen sejarah seni African and African American di UCLA, Steve Nelson, juga ikut berbicara. “Kalian tidak bisa memilih tahun yang lebih buruk untuk kesalahan semacam ini. #OscarSoWhite,” tulisnya merujuk pada kontroversi ketimpangan rasial yang membayangi Oscar tahun ini.

Total Beauty kemudian meminta maaf atas insiden itu. “Kami ingin minta maaf kepada Oprah dan Whoopi, dan juga semua orang yang tersinggung atas tweet kami. Ini adalah kesalahan kami dan tidak ada alasan,” tulis mereka.

Mereka lalu menyatakan akan menggunakan kesalahan itu sebagai kesempatan untuk menyumbang USD10.000 kepada yayasan yang dipilih Whoopi dan Oprah.

Hingga saat ini, Whoopi belum memberikan komentarnya. Sementara, Oprah sudah memberikan respons.

Lewat Instagram, sahabat Oprah, Gayle King, mengunggah foto yang memperlihatkan Oprah terlihat bingung saat memegang handphone dengan foto Whoopi terpampang di layarnya. “Oprah & putri kesayangannya menyaksikan #Oscars & melihat kesalahan @totalbeauty! Kami semua sayang @whoopigoldberg tapi kami semua tidak mirip satu sama lain, Astaga!” tulis Gayle.

(cin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini