Calon Film Terbaik FFI 2015 Potret Indonesia Saat Ini

Alan Pamungkas, Jurnalis · Senin 23 November 2015 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 23 206 1254465 calon-film-terbaik-ffi-2015-potret-indonesia-saat-ini-IJSd2uYChK.jpg Lukman Sardi (Foto: Raynaldi/Okezone)

BANTEN - Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2015 sebisa mungkin mencari nominator sebaik mungkin. Bukan hanya dari segi kualitas tetapi juga mempunyai ciri khas.

Dalam nominasi Film terbaik misalnya, Lukman Sardi selaku Ketua Bidang dan Publikasi FFI 2015 mengatakan jika nominator merupakan potret kondisi Indonesia saat ini.

"Seluruh nominasi sangat Indonesia sekali, walau ada yang judul filmnya bukan Bahasa Indonesia tetapi apa yang terjadi di dalamnya sangat Indonesia sekali," kata Lukman saat jumpa pers di Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (23/11/2015).

Film-film terbaik diisi oleh A Copy of My Mind, Guru Bangsa Tjokroaminoto, Mencari Hilal, Siti dan Toba Dreams. A Copy of My Mind berisi tentang pembajakan yang merajalela di Indonesia. Guru Bangsa Tjokroaminoto tentang tokoh Tjokroaminoto yang mempunyai ide brilian yang melampaui tokoh-tokoh dieranya.

"Tetapi ada film yang lain, Siti adalah film yang bukan bujetnya besar. Juri-juri melihat esensinya, bahwa ini film Indonesia. Sedangkan Toba Dreams bicara karakter suku di Indonesia, Batak. Hubungan sebuah anak dan bapak, tentang keluarga yang dibalut dengan tradisi Batak," jelas Lukman.

Maka FFI 2015 yang mengambil tema Tribute to Teguh Karya, menjadi potret kondisi Indonesia saat ini. Mengangkat kegelisahan dan menyampaikan pesan moral lewat sebuah film. Lukman Sardi pun berharap masyarakat bisa antusias dengan perhelatan terbesar di bidang film ini.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini