nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Review Film: Eyes, Horor Terbaru dari Penulis Sadako

Ariesta Asri, Jurnalis · Rabu 18 November 2015 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 18 206 1251736 review-horor-jepang-eyes-BuA0wSoEwZ.jpg Film "Eyes". (Foto: Blitz)

JAKARTA – Jika Anda penikmat film horor Jepang, pasti Anda tidak asing dengan nama Koji Suzuki. Penulis naskah kenamaan Jepang yang telah melahirkan film horor Ring, The Ring, dan Sadako, ini kembali dengan film terbaru berjudul Eye.

Dengan tagline 'Let your eyes witness the horror', film ini bermula dari seorang gadis SMA bernama Yukari Yamamoto yang mengalami serangkaian keanehan setelah ditatap oleh sosok misterius di balik pintu. Sejak itu, setiap pagi ia mendapati sebuah coretan misterius berupa inisial huruf di papan nama keluarga di depan rumah. Meski telah dihapus, inisial tersebut tetap muncul setiap pagi.

Keanehan pertama dimulai ketika sahabat Yukari meninggal karena kecelakaan. Kejadian ini kemudian disusul dengan ayahnya yang tiba-tiba minggat, lalu ibunya yang frustrasi dan kerap ingin bunuh diri. Yukari sendiri terus menerus dihantui sesosok gadis misterius.

Merasa yakin jika coretan misterius tersebut ada kaitannya dengan semua kemalangan yang menimpa dirinya, Yukari kemudian meminta bantuan Endo, teman sekelasnya untuk memecahkan teka-teki tersebut.

Teka-teki mulai terkuak ketika ibunya mengungkap ayahnya sempat berselingkuh dan bahkan hampir punya anak dari wanita lain. Merasa tak percaya, Yukari kemudian mencari wanita tersebut dan mendapati jika wanita itu telah cacat seumur hidup karena didorong oleh ibu Yukari.

Ternyata, ibu Yukari yang pada saat itu mengandung Shota (adik Yukari), memergoki suaminya sedang berjalan dengan wanita lain. Dia kemudian mendorong sang wanita hingga hampir terlindas mobil. Meski tidak meninggal, wanita yang diduga selingkuhan ayah Yukari kehilangan si jabang bayi. Sementara itu ibu Yukari justru selamat melahirkan Shota.

Setelah mengetahui hal ini, Yukari dengan dibantu Endo terus mencari kebenaran tentang mengapa ayahnya minggat dan mengapa ia terus menerus diikuti sosok gadis misterius. Apakah gadis misterius tersebut merupakan arwah di jabang bayi yang ingin membalas dendam? Apakah janin yang hilang itu berusaha untuk mengambil nyawa adik Yukari dalam upaya untuk dapat terlahir ke dunia?

Film ini membuat penonton ikut menerka-nerka arti inisial yang muncul di papan nama keluarga rumah Yukari. Sayangnya, kejadian awal di mana sahabat Yukari meninggal ternyata tidak memiliki benang merah dengan inti cerita.

Seperti yang menjadi khas dalam horor Jepang, film ‘Eyes’ ini minim backsound sehingga film terkesan flat alias datar. Meski beberapa adegan cukup membuat kaget, namun adegan dan dialog yang panjang dan berulang-ulang malah mengurangi sisi seram.

Sekilas, wajah Mariko Ito si pemeran Yukari pasti mengingatkan pada aktris Park Bo Young asal Korea. Tapi sayangnya, akting Marika Ito (Nogizaka 46) terkesan tanpa ekspresi dan datar. Hanya di akhir film saja ia mulai menunjukkan emosinya.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya The Ring dan Sadako, sosok ‘penampakan’ dalam film ini juga tidak terlalu membuat bulu kuduk merinding. Meski begitu, film ini tetap menarik karena bagian ending-nya yang tak terduga. Penonton yang jatuh cinta pada wajah imut Shota, adik laki-laki Yukari, harus siap-siap kecewa dengan kenyataan yang tersaji di akhir film.

Bagaimana pun, film ini tetap layak ditonton, terutama bagi Anda yang menyukai kengerian khas film horor Jepang.

(cin)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini