nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Pencipta Lagu Laporkan Inul Vizta ke Polisi

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Selasa 03 November 2015 11:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 03 205 1242707 para-pencipta-lagu-laporkan-inul-vizta-ke-polisi-BiWZIulGnz.jpg Para pencitpta lagu laporkan tempat karaoke (Foto: Ray)

JAKARTA- Para pencipta lagu kondang seperti Papa T. Bob, Ryan Kyoto, dan Wahyu WHL melaporkan tiga tempat usaha karaoke yaitu Inul Vizta, Nav, dan Happy Puppy ke Bareskrim Mabes Polri.

Pelaporan ini terkait pelanggaran hak cipta bidang penggandaan lagu ciptaan mereka oleh outlet karaoke tersebut. Pelanggaran yang dilakukan yakni mechanical right, para pelaku usaha tidak pernah mendapat izin dari penciptanya dan juga tak pernah melakukan pembayaran royalti.

"Terjadi pelanggaran di bidang mechanical right, bukan performing right yang mau kita laporkan pagi ini," ungkap kuasa hukum Hulman Panjaitan, SH. MH di Bareskrim Mabes Polri, Selasa (3/11/2015).

"Selama ini yang selalu dipopulerkan mereka (outlet karaoke) sudah izin untuk performing tapi untuk mechanical para pencipta belum memberi kuasa (lagu) pada siapapun," sambungnya.

Sebelumnya penggugat juga telah melaporkan kasus ini dan melakukan somasi. Namun, somasi tersebut tidak digubris oleh pihak tergugat.

"Selama ini bilang pihak Inul menang menyerahkan ke YKCI (Yayasan Karya Cipta Indonesia) tapi mechanical belum. Hak kami adalah hak mechanical penggandaan dan belum dibayar sejak 10 tahun lalu. Kami menuntut hak kami," tegas Ryan Kyoto pencipta lagu Cinta Jangan Kau Pergi.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini