nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video John Lennon Hina Penyandang Cacat Beredar

Cininta, Jurnalis · Selasa 22 September 2015 14:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 22 33 1218846 video-john-lennon-hina-penyandang-cacat-beredar-cypiAjT4qm.jpg John Lennon. (Foto: Stuff)

LONDON- Sebuah video pertunjukan The Beatles di tahun 1960-an menuai kecaman. Pasalnya, video itu memperlihatkan legenda The Beatles John Lennon menghina difabel atau penyandang cacat.

Video tersebut memperlihatkan mendiang Lennon menggoda penonton dengan gaya bicara meniru orang difabel. Ia juga bertepuk tangan dengan cara aneh, sambil mengentakan kakinya di atas panggung.

Tak pelak, video footage hitam putih yang ditayangkan di acara TV Inggris It Was Alright In The 1960s dan beredar di YouTube, itu memancing reaksi. Sebagian besar bernada negatif.

Mencap, sebuah badan amal untuk penyandang cacat di Inggris, mengecam aksi itu. “Apa yang kita lihat di video ini memang sudah 50 tahun lalu, tapi tetap saja ini mengejutkan dan menyakitkan. Saya tidak mengerti kenapa orang setenar dia punya pandangan yang sangat buruk terhadap difabel,” kata juru bicara Mencap, Lorainne Bellamy, yang juga seorang difabel.

Sementara, beberapa penggemar Lennon berusaha membela idola mereka. "Siapa pun yang mengikuti sejarah The Beatles dan Lennon tahu kalau ia tumbuh dalam lingkungan yang keras. Jadi tidak terlalu mengejutkan jika ia punya selera humor yang kasar. Lennon sendiri pernah mengakuinya,” tulis akun @BourneAccicent di Twitter.

(cin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini