Share

Lukman Sardi Akan Bawa Kisruh Film ke DPR

Alan Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 07 Februari 2015 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 07 206 1102852 lukman-sardi-akan-bawa-kisruh-film-ke-dpr-T3DbFkq1e9.jpg Lukman Sardi (Foto: Alan/Okezone)

JAKARTA - Lukman Sardi ikut menyuarakan aspirasinya dalam aksi pencopotan petinggi Kementrian Pariwisata yang mengurusi bagian perfilman Tanah Air.

Tak cuma aksi semata, sutradara film Dibalik 98 itu pun akan membawa kekisruhan film Indonesia ke DPR.

"Kalau rasa kita perlu kita harus, kenapa enggak. Itu hak kita. Kalau enggak ada tanggapan dari sini (Kementerian Pariwisiata) kita ke sana (DPR)," kata Lukman di Gedung Kementerian Pariwisata, Sabtu (7/2/2015).

Kekesalan Lukman Sardi tak bisa dibendung saat melihat tingkah pemerintah tak becus mengurusi perfilman nasional. Puncaknya ketika pengajuan dinas ke luar negeri dari Kementerian Pariwisata lewat Direktur Pengembangan Industri Perfilman lewat surat bernomor KP.1011/2/24/SEKJEN/KEM-PAR/2015.

Surat izin tersebut, berisi tentang perjalanan sejumlah orang yang tak memiliki kapabilitas di bidang perfilman ke Festival Film Berlin. Uang sejumlah Rp1,5 miliar pun menjadi sia-sia karena tak bermanfaat untuk industri film.

Lukman Sardi berharap, Presiden Jokowi lewat jargon Revolusi Mental-nya merombak petinggi Kementerian Pariwisata, yang dinilai tak becus mengurus industri film.

"Kalau revolusi mental harus dirombak semuanya. Jangan yang lama-lama masih di sini. Mereka dari dulu enggak pernah menghasilkan sesuatu yang signifikan buat film. Mungkin bisa dipikirkan untuk pemerintah yang ngerti tempatnya," tegas Lukman.

Seperti diberitakan sebelumnya, Armein Firmansyah, Direktur Pengembangan Industri Film, mengetuai perjalanan sejumlah orang yang tak kompeten di bidang film ke Festival Film Berlin. Padahal, surat perjalananan dinas itu juga belum disetujui oleh Sekertaris Negara.

Karena sikap itu, Armein pun akhirnya dicopot dari jabatannya. Sineas muda pun belum puas, dan meminta agar Ukus Kuswara, Sekeretaris Jendral Kementerian Pariwisata dan Ahman Syah, Dirjen Kreatif Berbasis Seni dan Budaya turut dicopot dalam aksi yang digelar di Kementerian Pariwisata sore ini.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini