Share

Puluhan Sineas Demo Tuntut Petinggi Kemenpar Mundur

Alan Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 07 Februari 2015 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 07 206 1102809 puluhan-sineas-demo-tuntut-petinggi-kemenpar-mundur-dhkMLGwY0J.jpg Puluhan sineas demo tuntut petinggi Kemenpar mundur (Foto: Alan)

JAKARTA - Puluhan sineas muda Tanah Air melakukan aksi unjuk rasa di gedung Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Aksi yang dipelopori oleh Joko Anwar itu memprotes keputusan Kemenpar lewat Direktur Pengembangan Industri film yang mendelegasikan orang tak jelas ke Festival Film Berlin.

"Keikutsertaan para sineas Indonesia di festival-festival internasional dan pasar film adalah upaya untuk menyelesaikan beberapa masalah yang sedang dihadapi perfilman Indonesia saat ini, termasuk kurangnya skill pekerja film Indonesia dan kepentingan promosi untuk film-film Indonesia. Sayangnya, selama ini upaya-upaya tersebut telah disabotase oleh oknum-oknum pejabat yang seharusnya memajukan perfilman Indonesia, bukan melemahkannya," kata Joko Anwar dalam orasinya, Sabtu (7/2/2015).

Direktur Pengembangan Industri Perfilman, Armein Firmansyah, telah dicopot dari jabatanya karena melakukan keputusan itu. Dirinya yang juga bertindak sebagai ketua rombongan delegasi dinilai salah dalam prosedur.

Armein melakukan kegiatan itu karena belum mendapatkan izin dari Sekertariat Negara. Dana Rp1.5 milar pun bukan berasal dari negara melainkan berasal pihak ketiga.

Joko Anwar melihat pencopotan Armein tak menyelesaikan masalah. Sebagai kebobrokan perfilman karena diisi oleh orang-orang yang tak kompeten.

"Kami para pekerja film Indonesia menyatakan bahwa pencopotan jabatan tersebut bukanlah penyelesaian yang tuntas dari masalah yang selama ini menggerogoti pemerintah dalam memajukan perfilman Indonesia," lanjutnya.

Surat terbuka yang dilayangkan sineas muda itu pun meminta Menteri Pariwisata, Arief Yahya, agar mencopot Ukus Kuswara, Sekeretaris Jendral Kementerian Pariwisata dan Ahman Syah, Dirjen Kreatif Berbasis Senin dan Budaya. Surat terbuka itu pun ditembuskan ke Presiden Joko Widodo.

Sineasa muda yang hadir seperti, Ayushita, Aming, Lukman Sardi, Atiqah Hasiolan, Rio Dewanto, Nia Dinata dan lainnya berharap, lewat aksi ini, pemerintah bisa membangun perfilman secara sehat dan profesional.

"Kami mendesak agar uang rakyat yang dikelola pemerintah untuk membangun perfilman indonesia ditata secara profesional, bersih dari segala kepentingan pribadi dan transparan," tandasnya.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini