nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orang Jerman Heran Film Ini Bisa Tayang di Indonesia

Elang Riki Yanuar, Jurnalis · Rabu 17 Desember 2014 23:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 17 206 1080763 orang-jerman-heran-film-ini-bisa-tayang-di-indonesia-YvwsLjkfMr.jpg Lola Amaria masuk berita di Jerman (Foto: dok. pribadi)

JAKARTA - Film Sanubari Jakarta diputar di sejumlah kota di Jerman seperti Hamburg dan Koln. Film ini mendapat sambutan hangat warga Jerman.

Pemutaran film bertema LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) ini diprakarsai Watch Indonesia! dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

"Mereka menanyakan berkali-kali, kok bisa ada film LGBT yang sedemikian lugasnya menyampaikan pesan-pesan koeksistensi sosial. Menurut mereka, negara muslim pada umumnya sangat sensitif dengan isu ini. Mayoritas Indonesia kan muslim," ujar Lola Amaria selaku produser dalam pesan tertulis kepada wartawan, Rabu (17/12/2014).

Menurut Lola, banyak yang menganggap Indonesia termasuk negara yang menerapkan sensor sangat kuat terhadap bentuk-bentuk kebebasan berpendapat di masa lalu.

"Mungkin di benak mereka, demokrasi di Indonesia tidak secepat ini berkembang. Badan sensor sekarang tidak bisa semau-maunya bertindak," tambah perempuan lajang berambut pendek ini.

"Ada permintaan dari beberapa universitas dan lembaga studi di Jerman untuk menjadikan film ini sebagai kajian studi," tambahnya.

Film Sanubari Jakarta merupakan film omnibus yang dibuat oleh 10 sutradara di mana Lola Amaria bertindak sebagai produser. Film ini diproduksi pada tahun 2012 oleh Kresna Duta Foundation bekerjasama dengan Hivos dan Ford Foundation.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini