Pembakar Rumah Uje Divonis 4,5 Tahun Penjara

Alan Pamungkas, Jurnalis · Rabu 26 November 2014 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 26 33 1071011 pembakar-rumah-uje-divonis-4-5-tahun-penjara-MqdOL84NQg.jpg Pipik menghadiri sidang (Foto: Alan/Okezone)
JAKARTA - Imannuel Vincent, terdakwa pembakaran rumah almarhum Ustadz Jefry Al Buchory (Uje) dijatuhi vonis empat tahun enam bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Majelis hakim yang diketuai Pudji Trirahadi menyatakan Vincent terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal Pasal 187 KUHP tentang Pembakaran, dan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian.

"Menyatakan IV, telah terbukti sah dan meyakinkan, menimbulkan dakwaan pertama pasal kebakaran dan dakwaan kedua tentang pencurian. Menjatuhkan Penjara empat tahun dan enam bulan. Membebankan biaya perkara kepada terdakwa sebesar Rp2000," kata Pudji dalam ruang sidang di PN Jaksel, Rabu (26/11/2014).

Vonis ini lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yakni empat tahun tiga bulan. Hakim pun memberikan waktu tujuh hari untuk vincent dan kuasa hukumnya untuk melakukan upaya banding.

"Ada waktu tujuh hari untuk mengajukan banding. Sekarang pikir-pikir dahulu," lanjutnya.

Istri almarhum Uje, Umi Pipik Dian Irawati hadir dalam persidangan untuk mendengarkan langsung putusan hakim. Dalam kesempatan ini, Pipik juga memberikan surat pemberian maaf kepada majelis haikm dengan maksud bisa meringankan hukuman. Namun apa daya, hakim pun pertimbangan lain dengan mejatuhkan hukuman lebih berat dari tuntutan.

Dalam putusan ini, barang bukti berupa satu buah telefon genggam bermerek Blackberry, satu gitar merek Cort, baju yang digunakan saat mencuri, dan uang tunai Rp8,4 juta + Rp 400 ribu dikembalikan kepada Umi Pipik.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini