Kisah Sejarah Tanah Jawa Diangkat ke Layar Kaca

Alan Pamungkas, Jurnalis · Minggu 23 November 2014 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 23 206 1069642 kisah-sejarah-tanah-jawa-diangkat-ke-layar-kaca-0B2OQQ6Xv6.jpg Kisah Sejarah Tanah Jawa Diangkat ke Layar Kaca (Foto: Okezone)
JAKARTA - Tayangan penuh unsur sejarah dan kearifan lokal berjudul Babad Tanah Jawa akan segera mengudara. Cerita Babad Tanah Jawa yang telah melegenda akan lebih menarik ketika unsur mitos dan sejarah dipadukan dibawah arahan sutradara Jiwo Kusumo.
 
"Babad Tanah Jawa ini diilhami dari banyak versi, baik itu legenda, artefak, dan mitos. Kami dari tim kreatif memadukan itu, sejarah dan unsur geologinya," kata Jiwo Kusumo, saat jumpa pers di gedung TVRI, Senayan, Jakarta Pusat.
 
Babad Tanah Jawa bercerita tentang kehidupan kerajaan dimasa lampau. Kisah-kisah seperti Hayam Wuruk, Gajah Mada, Ken Arok dan Ken Dedes akan menghibur hati penonton.
 
"Sesuai namanya, sinetron ini akan menceritakan kisah-kisah raja-raja di tanah Jawa. Kita mungkin selama ini hanya mendengar Hayam Wuruk, dan Gajah mada. Tetapi nanti akan ada Ken Arok, dan Ken Dedes yang memesan keris di Mpu Gandring. Nanti juga akan ada cerita Pangeran Joyoboyo di masa Dinasti Sailendra," lanjutnya.
 
Karena bercerita tentang sejarah, sutradara dan tim melakukan banyak riset dan observasi demi memuat cerita yang segar tetapi tak menghilangkan unsur sejarah. Banyakmya versi dalam cerita tersebut diakui sebagai salah satu tantangan.
 
"Kami padukan semua versi. Tentu didukung dengan riset dan nara sumber, teknologi dan semua temuan artefak. Kami harus hati-hati ada yang tersirat dan tidak, ada yang tercatat dan ada yang tidak. Kami melakukan penelitian hampir dari satu tahun," jelasnya.
 
Untuk menarik hati penonton yang sedikit apatis dengan cerita-cerita legenda, Jiwo Kusumo memasang artis senior dan dan muda di sinetron yang berisi 104 episode itu. Nama-nama seperti Panca Prakosa, Ika Angel, Novie Chandra, Dian Nova, Dhanny Ardhan dan lainya akan berlaga memerankan tokoh sentral dalam cerita Babad Tanah Jawa.

(Edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini