nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aura Chrisye "Hadir" di Gedung Tua Ini

Alan Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 27 September 2014 22:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 09 27 391 1045300 ZkyAixz00I.jpg Aura Chrisye "Hadir" di Gedung Tua Ini (Foto: Alan/Okezone)

JAKARTA - Tadi malam, aura Chrisye tampak "hadir" di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Sebanyak 15 lagu-lagu Chrisye yang pernah menjadi hits di era-nya kembali dibawakan dengan oleh Tohpati Orchestra dengan sempurna. Meski hanya sebatas instrumen, tetap saja membuat bulu kuduk bangun, merasakan kehadiran Chrisye di antara penonton.

Dengan tajuk "Seberkas Cahaya, a Ballet Tribute to Chrisye" lagu-lagu tersebut mengiringi para balerina yang berdansa sesuai arahan Art Director Jasin Dionisius. Sang produser, yang juga sekaligus penulis naskah, Ella Meigita membuat haru penonton saat melihat jalan cerita dari para penari utama.

Alunan musik yang memanjakan telinga, ditambah permainan penari yang menyejukan mata, merupakan perpaduan yang sempurna. Ella Meigita berhasil membuat pertunjukan sempurna yang bisa dibilang baru itu.

"Seberkas Cahaya, a Ballet Tribute to Chrisye" akan dibuka untuk umum pada tanggal 27-28 September 2014, pada pukul 14.00 WIB dan 19.00 WIB di GKJ. Tiket pun dibanderol mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Jalannya Pertunjukan.

Pertunjukan "Seberkas Cahaya, a Ballet Tribute to Chrisye" dibagi menjadi empat babak. Kisah yang menceritakan perjalanan asmara Sofia (Jonita Sjah), Sifa (Aprida Darmawansyah), Safa (Myrna Yemima), Randa (Johan Sun), dan Chris (Arief Surachman).

Sofia mempunyai adik bernama Safa dan kakak bernama Sifa. Kisah bahagia keluarga kecil itu harus rusak saat kedua orang tua mereka menjodohkan Sifa dengan Chris, namun di satu sisi Chris malah mencintai Sofia.

Ditengah kondisi yang pelik itu, Sofia juga harus meninggalkan Randa, lelaki kampung yang mencintainya tetapi tak mendapatkan restu dari orangtuanya. Depresi karena mengalami kenyataan pahit, Sofia pun mengalami depresi.

Orangtua Sofia pun membuat sayembara, barang siapa yang bisa menyembuhkan anaknya dia lah yang menjadi suami Sofia. Namun sayembara terasa sangat sulit. Sebab, obat yang bisa menyembuhkan Sofia hanya berada di tengah lembah. Konon lembah itu angker dan sering menelan korban.

Lantas, siapakah yang bisa menaklukan Sofia?

Lagu-lagu Chrisye pun didendangkan sesuai dengan pembagian part-part cerita di atas. Total ada empat babak yang mengisahkan perjalanan cinta Sofia.

Babak 1.

1. Kala Cinta Menggoda

Tiga kakak beradik menari, bertujuan memperlihatkan karakter masing-masing yang berbeda.

2. Untukku

Keluarga pihak Chris datang bertamu dan berkenalan dengan keluarga Sofia.

3. Pelangi

Pertemuan antara Chris dan Safa, namun ternyata, Chris jatuh hati pada Sofia.

Babak 2.

4. Serasa

Suasana panen anggur ditayakan seluruh masyarakat desa.

5. Aku Cinta Dia

Teman-teman Sofia bersuka cita merayakan kebahagian musim panen.

6. Gita Cinta

Randa hadir dan jatuh hati pada pandangan pertama kepada Sofia.

7. Merpati Putih

Sofia dan Randa, dan para penari lainya menikmati suasana desa. Konflik dimulai, orangtua Sofia datang menghancurkan momen tersebut.

Babak 3

8. Kisah Cintaku

Depresi, Sofia jatuh sakit. Chris datang mengutarakan rasa cintanya. Bahwa hati tak bisa dibohongi. Ia mencintai Sofia bukan Safa.

9. Kala Surya Tenggelam

Orangtua Sofia mengadakan sayembara. Barangsiapa yang bisa mengambil obat di lembah angker dia lah yang bisa menjadi suami Sofia.

10. Lilin-lilin Kecil

Tak seperti di lagu-lagu sebelumnya. Di lagu ini, muncul suara vokal dari lirik lagu tersebut. Sang produser menilai lagu ini menjadi inti dari pertunjukan ini. Kata "Seberkas Cahaya" yang dijadikan tajuk acara itu, tak lain tak bukan intisari dari lagu tersebut.

Saat itu, pertunjukan menampilkan kisah Chris yang mendapatkan bunga. Sayembara pun ia menangkan.

11. Ketika Tangan dan Kaki Berkata

Chris mengalami mimpi buruk seusai pulang dari sayembara. Ia melakukan trik jahat ketika menjalani sayembara itu.

Babak 4.

12. Hip Hip Hura

Tiba lah pernikahan Sofia dan Chris.

13. Andai Aku Bisa

Chris menyambut pesta pernikahan dengan meriah. Di suasana pesta meriah itu, Sofia berpikir ada hal yang janggal. Kemana Randa?

14. Angin Malam

Randa muncul di pesta pernikahan itu. Ia menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya saat sayembara berlangsung. Chris mengaku bersalah dan pada akhirnya ia mencinta wanita lain yang masih saudara Sofia. Siapakah wanita tersebut?

15. Cintaku

Menjadi klimaks dari pertunjukan itu. Semua menjadi bahagia. Karena kekuatan dan kejujuran hati, Chris dan Randa menemukan pujaan hatinya.

Penonton memberikan standing applause saat di penghujung pertunjukan. Damayanti Noor yang merupakan istri Chrisye hadir di atas panggung sambail berurai air mata. Seolah-olah ia merasakan hadirnya sang suami. Sesuai dengan tagline "Selalu ada Om Chrisye di hati kita,"

(rnp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini