nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lendhu Sagara Sebarkan Musik Madura ke Eropa

Edi Hidayat, Jurnalis · Kamis 28 Agustus 2014 22:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 08 28 386 1031146 KRt7s45Q5f.jpg Lendhu Sagara Siap Bawa Musik Madura ke Eropa (Foto: Edi/Okezone)
SUMENEP - Siapa sangka, ditengah menjamurnya musik pop yang digemari masyarakat sekarang. Dunia justru melirik sebuah grup daerah yang memiliki unsur etnik.

Bahkan sebuah grup musik daerah asal Sumenep, Madura, Jawa Timur, Lendhu Sagara siap menghentakan negara Inggris dengan musik Daul Madura. Menurut salah satu pimpinan grup tersebut, Sahnan, keberangkatan tersebut direncanakan tahun depan.

"Iya rencananya mau ke Inggris tahun depan," kata Sahnan saat ditemui di Kawasan Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Lebih lanjut, Sahnan menjelaskan jika grup tersebut terdiri dari belasan orang personel yang memainkan delapan hingga sembilan alat musik. Seiring perkembangannya, kolaborasi dengan berbagai alat musik lainnya pun terus dilakukannya.

"Musik ini dasarnya antara kentongan,  klenengan ditambah dengan alat-alat perkusi lainnya. Tapi ada juga yang ditiup," lanjut Sahnan.

Berbagai persiapan pun terus mereka lakukan agar penampilan mereka nanti bisa maksimal. Selain akan menyanyikan lagu modern, Lendhu Sagara juga akan menyanyikan lagu dari dareah mereka yang berjudul "Tondu Majeng" dan "Uramba Urambe".

"Syairnya yang pasti tentang seputar nelayan dan tentang petani di Madura. Musik ini bisa diaransemen segala musik, bisa pop atau dangdut," jelas salah satu pengurus pimpinan grup lainnya, Suryadi.

Seiring berkembangnya grup musik mereka, Suryadi mengaku beruntung jika dengan adanya grup tersebut bisa mensejahterakan para personelnya yang rata-rata masih berusia masih muda. Bahkan berbagai pengalaman pun sudah mereka raih.

"Kalau masalah bayaran ya itu management yang tau, yang pasti kita bersyukur bisa menambah kesejahteraan teman-teman. Mereka juga kan pernah mengiri penyanyi lain seperti Piyu Agnes Monica, itu pengalaman bagi kita," tandasnya.

(rnp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini